HOME, Santai

Jangan Asal Santap, Yuk Intip Waktu yang Tepat untuk Mengonsumsi Makanan Berikut Ini

Jangan Asal Santap, Yuk Intip Waktu yang Tepat untuk Mengonsumsi Makanan Berikut Ini

MOMSMONEY.ID - Tak semua jenis atau sumber makanan bisa dimakan pada setiap jam makan. Ada beberapa jenis makanan yang lebih baik disantap di jam makan yang tepat.

Pastinya agar Anda bisa mendapatkan manfaat maksimal dari makanan tersebut. Mengetahui waktu yang tepat untuk menyantap beberapa makanan merupakan hal yang perlu Anda ketahui.

Berikut ini ada beberapa tips mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsi beberapa makanan ini. 

Baca Juga: Ketahui Segudang Manfaat Air Kelapa untuk Kategori Usia di Atas 30 Tahun

Apel

Buah apel merupakan buah yang mengandung serat pectin pada bagian kulitnya. Pectin bisa membantu untuk menurunkan tekanan darah dan level kolestrol pada tubuh. Sehingga waktu yang tepat untuk memakan apel adalah di pagi hari.

Jika apel dimakan pada malam hari, resiko naiknya asam di perut akan bertambah. Sehingga akan menghasilkan gas di perut yang membuat tidak nyaman. Selain itu pectin juga lebih sulit untuk dicerna tubuh pada saat malam hari. 

Yogurt

Yogurt merupakan sumber makanan yang bisa membantu mempercepat proses pencernaan. Karena yogurt memiliki banyak bakteri baik yang membantu proses pencernaan. Sehingga idealnya yogurt dikonsumsi saat malam agar makanan bisa tercerna dengan baik semalaman.

Namun, melansir dari laman Medium, mengkonsumsi yogurt di pagi hari saat perut kosong juga bagus bagi Anda yang sedang dalam proses mengurangi berat badan. 

Yang perlu diperhatikan adalah yogurt merupakan sumber makanan yang bisa membuat perut kosong menjadi acidic. Jika Anda memiliki masalah dengan perut maupun pencernaan tidak disarankan untuk mengkonsumsi yogurt di pagi hari atau saat sarapan.

Baca Juga: Ketahui 6 Manfaat Yoghurt untuk Perawatan Kecantikan Kulit

Daging

Mengkonsumsi daging sebaiknya dilakukan pada saat jam makan siang. Daging memiliki kandungan iron yang banyak. Yang bisa menambah energy dan mengurangi kelelahan.

Namun sebaiknya jangan mengkonsumsi daging saat makan malam atau ketika makan. Daging membutuhkan 4 hingga 6 jam untuk dicerna oleh tubuh. Sehingga akan merusak sistem pencernaan yang harus bekerja di malam hari untuk mencerna daging.

Pisang

Memakan buah pisang yang kaya akan potassium ini memiliki manfaat lebih jika dikonsumsi saat makan siang. Pisang bisa membantu menguatkan sistem imun dan memperbaiki kulit. 

Pisang juga baik dikonsumsi sebelum berolahraga karena bisa membantu untuk memberikan energy bagi tubuh. Namun jangan pernah mengkonsumsi pisang di malam hari karena akan mengganggu sistem pencernaan dan memicu terbentuknya mucus atau lendir di tubuh.

Selanjutnya: Resep Sambal Pecok Kacang Panjang, Lauk Sedap Pendamping Nasi yang Super Nikmat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News