HOME, Bugar

Ketahui 6 Manfaat Yoghurt untuk Perawatan Kecantikan Kulit

Ketahui 6 Manfaat Yoghurt untuk Perawatan Kecantikan Kulit

MOMSMONEY.ID - Yoghurt berasal dari fermentasi bakteri susu yang sehat dan terasa enak. Melansir dari wikipedia, Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan aroma unik pada yoghurt. 

Kandungan asam laktat dipercaya memiliki manfaat baik untuk perawatan kecantikan kulit. Anda dapat menggunakan yoghurt sebagai olesan saat memijat, dapat membantu mengangkat sel kulit mati, mengatasi garis halus, mengencangkan pori-pori, melembabkan kulit yang kering, serta membuat kulit tampak cerah dan bersinar. 

Namun, pilihlah yoghurt yang alami tanpa ada tambahan perasa. Sebab, yoghurt yang memiliki rasa dapat menyebabkan iritasi dan dapat memperburuk kondisi jerawat. Melansir dari herbsspa.com, berikut inilah manfaat yoghurt untuk perawatan kecantikan kulit, yaitu:

1. Melembabkan dan Mencerahkan Kulit

Manfaat yoghurt untuk kecantikan yaitu dapat melembabkan dan mencerahkan kulit. Anda bisa menggunakan yoghurt secara langsung ke perawatan kulit. Caranya, oleskan yoghurt pada kulit yang telah dibasahi air, pijat perlahan hingga yoghurt meresap ke dalam kulit, biarkan selama kurang lebih 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Kandungan asam laktat merupakan asam hidroksi alami yang dapat membantu pengelupasan, melembabkan, serta membuat kulit mulus. Bagi Anda yang ingin memiliki kulit terlihat lebih bersinar, buatlah masker yang terbuat dari campuran yoghurt, kacang lentil (kacang khas dari timur tengah), dan kulit jeruk.

Semua bahan dihaluskan, lalu oleskan sebagai masker pada wajah anda, biarkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Jika kulit anda kering, tambahkan madu untuk mendapatkan kelembaban ekstrayang dibutuhkan kulit.

Selain masker di atas, alternatif yoghurt lainnya adalah campurkan 4 sendok makan yoghurt, 1 sendok makan coklat bubuk, dan 1 sendok makan madu. Oleskan pada wajah, biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat untuk menyegarkan kembali kulit yang layu dan kusam.

2. Mengangkat Sel Kulit Mati

Yoghurt juga bisa Anda gunakan sebagai scrub untuk mengangkat sel kulit mati. Scrub yoghurt sangat baik untuk mengangkat serpihan kulit mati, terutama bagi Anda yang memiliki kulit kering dan sensitif. Buat scrub alami dengan mencampurkan 2 sendok makan yoghurt dan 1 sendok makan oats.

Oleskan pada kulit, gosok perlahan dengan gerakan melingkar. Jika Anda ingin menghilangkan komedo, buat pasta kental dari campuran tepung beras dan yoghurt, oleskan pada kulit, lalu gosok perlahan dengan gerakan melingkar, bilas hingga bersih dengan air dingin.

3. Mengatasi Jerawat

Manfaat yoghurt selanjutnya adalah mengatasi jerawat. Yoghurt dipercaya dapat menyembuhkan jerawat karena sifatnya yang asam. Sifat asam dalam yoghurt dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, serta jamur dan kuman dalam tubuh anda.

Untuk membersihkan kulit dan mengurangi jerawat, oleskan yoghurt yang berbentuk krim pada wajah, biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih. Masker alternatif lainnya yang bisa Anda buat yaitu dengan dengan mencampurkan yoghurt, bubuk kunyit, gula merah bubuk, dan bubuk cendana. Oleskan pada kulit, lalu pijat perlahan, dan diamkan selama 15 menit, lalu bilas.

Baca Juga: Detoks Tubuh, Inilah 4 Manfaat Body Spa untuk Tubuh Anda

4. Memudarkan Noda Hitam, Lingkaran Hitam dan Meratakan Warna Kulit

Yoghurt juga dapat memudarkan noda hitam, lingkaran hitam dan meratakan warna kulit. Yoghurt mengandung seng yang dapat membantu memudarkan noda dan bekas luka, serta mencegah terjadinya peradangan. Sengatan sinar matahari secara terus menerus dapat membuat kulit menjadi lebih gelap.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa membuat masker dari campuran tepung gram (terpung yang terbuat dari buncis), yoghurt, dan air perasan lemon hingga berbentuk pasta. Oleskan pasta pada area kulit yang gelap akibat sering terkena sinar matahari, diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Ada masker lain, Anda juga bisa mencampurkan yoghurt dengan beberapa tetes minyak chamomile esensial, oleskan pada kulit, diamkan selama 15 menit, lalu bilas. Untuk menghilangkan noda hitam di bawah mata, oles tipis yoghurt di area tersebut, lalu diamkan selama 15 menit sambil duduk.

Saat akan tidur, oleskan sisa yoghurt pada lingkar bawah mata dengan menggunakan kapas, biarkan semalaman. Lakukanlah secara teratur setiap hari selama seminggu, dan lihat hasilnya yang cukup signifikan.

Untuk meratakan warna kulit, campurkan 2 sendok makan yoghurt dengan beberapa tetes air perasan lemon, oleskan pada kulit, diamkan selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih. yoghurt mengandungpemutih ringan yang mampu meratakan warna kulit apabila penggunaannya dilakukan secara teratur.

5. Anti Aging

Manfaat yoghurt selanjutnya adalah Anti- Aging. Anda bisa membuat masker dari bahan yoghurt dengan cara campuran 1 sendok makan minyak zaitun dengan 3 sendok makan yoghurt, oleskan pada wajah, diamkan selama 30 menit, lalu bersihkan. Lakukan secara teratur sedikitnya 3x dalam seminggu.

Bahan alternatif lainnya yaitu Anda dapat mencampurkan pisang, alpukat, dan yoghurt. Lakukan cara yang sama dengan petunjuk sebelumnya, hanya saja gunakan air hangat untuk membilasnya.

Selain kedua resep di atas, Anda dapat mencampurkan mentimun parut dan yoghurt. Diamkan selama 15 menit atau hingga mengering, lalu bilas dengan air dingin. Mentimun dan yoghurt akan memberikan efek dingin pada kulit sehingga dapat membantu mengencangkan pori-pori wajah.

6. Merawat Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Manfaat yoghurt lainnya adalah dapat merawat kulit dari paparan sinar matahari. Kandung seng di dalam yoghurt bisa membantu menghilangkan efek panas dan gatal setelah terbakar sinar matahari. Oleskan yoghurt ke kulit Anda yang terpapar sinar matahari. 

Selanjutnya: Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih, Mudah Dilakukan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News