HOME, Keluarga

Jangan Asal Beli, Pahami Bedanya Blender dan Juicer!

Jangan Asal Beli, Pahami Bedanya Blender dan Juicer!

MOMSMONEY.ID - Blender dan juicer merupakan alat dapur atau kitchen appliances yang sudah umum ditemui di dapur. Karena sama-sama bisa digunakan untuk membuat jus, banyak yang mengira bahwa kedua alat ini sama. Padahal, blender dan juicer adalah dua alat yang sangat berbeda.

Produk yang dihasilkan kedua alat ini juga berbeda, sehingga tidak bisa saling menggantikan. Nah, kira-kira apa saja perbedaan antara blender dan juicer? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Baca Juga: 5 Tips Memaksimalkan Ruang di Dapur Sempit

Cara kerja

Dilansir dari Homedit, blender adalah alat serbaguna yang berfungsi untuk mencampur bahan makanan menjadi satu, seperti sayur dan buah. Blender bekerja dengan cara memutar pisau di dalamnya dengan kecepatan tinggi, sehingga dapat memotong dan menghaluskan bahan makanan.

Sementara itu, juicer adalah alat yang digunakan untuk mengeluarkan cairan dari sayur dan buah yang dimasukkan ke dalamnya, sehingga menjadi jus. Juicer bekerja dengan cara memotong-motong sayur dan buah, kemudian memisahkan cairan dari ampasnya.

Penggunaan

Blender termasuk alat yang serbaguna, sehingga Anda bisa menggunakan blender untuk beragam resep dan keperluan. Misalnya membuat jus, smoothies, milkshake, menghancurkan es, membuat isian pai, hingga membuat makanan bayi. Bahkan, ada beberapa jenis blender tertentu yang bisa digunakan untuk mengiris atau memotong bahan makanan, sehingga Anda tidak perlu menggunakan pisau dan talenan.

Baca Juga: 5 Tips Menggunakan Kompor Induksi Supaya Awet dan Tahan Lama

Sedangkan, juicer hanya bisa digunakan untuk mengeluarkan ekstrak atau cairan dari sayur dan buah yang dimasukkan ke dalamnya. Jadi, juicer tidak bersifat multifungsi layaknya blender. Ketika menggunakan juicer, Anda juga perlu memperhatikan buah atau sayur yang dimasukkan ke dalamnya. Juicer tidak akan berfungsi dengan sempurna jika menggunakan buah atau sayur dengan kadar air rendah, misalnya alpukat, tomat, atau pisang.

Produk yang dihasilkan

Mengutip Kitchen Aid, cairan yang dihasilkan dari blender umumnya lebih kental karena mencampurkan berbagai bahan makanan menjadi satu. Serat dari bahan makanan juga tidak dipisahkan oleh blender, sehingga makanan atau minuman yang Anda konsumsi akan terasa lebih padat dan mengenyangkan.

Selain itu, blender juga tidak menghasilkan ampas layaknya juicer, kecuali jika Anda menyaring cairan dari blender tersebut dengan saringan.

Di sisi lain, juicer menghasilkan cairan yang lebih cair karena memisahkan ampas dari sayur atau buah. Jadi, juicer akan cocok bagi Anda yang menginginkan jus cair tanpa ampas yang mudah dibuat tanpa perlu menyaringnya lagi. Jika Anda sedang melakukan diet, juicer bisa membantu untuk menambah suplai serat dan vitamin tanpa harus mengonsumsi sayur atau buah dalam bentuk padat.

Nah, itulah perbedaan antara blender dan juicer yang perlu Anda ketahui. Sudah paham bedanya, kan?  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News