HOME, Keluarga

5 Tips Memaksimalkan Ruang di Dapur Sempit

5 Tips Memaksimalkan Ruang di Dapur Sempit

MOMSMONEY.ID - Area dapur yang kecil dan sempit terkadang menjadi sesuatu yang cukup merepotkan penghuni rumah berukuran kecil.

Walaupun terlihat sederhana, dapur kecil mudah terlihat berantakan dan terasa sesak. Jadi, jika dapur di rumah tergolong kecil dan sempit, Anda harus pintar-pintar memanfaatkan dan memaksimalkan ruang yang ada di dapur supaya terasa lapang dan nyaman saat digunakan.

Nah, apa saja yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan ruang di dapur yang sempit? Dilansir dari Architectural Digest, Family Handyman, dan The Kitchn, berikut tipsnya.

Baca Juga: Mengenal Karakteristik Kayu Jati Belanda yang Kokoh dan Tahan Lama

Tambahkan pencahayaan di bawah kabinet

Melakukan aktivitas di dapur yang suram dan tidak memiliki pencahayaan yang cukup bisa memberi kesan sumpek dan tidak nyaman. Oleh karena itu, Anda bisa memberikan tambahan pencahayaan di dalam dapur untuk memberi kesan lapang.

Anda bisa menggunakan lampu LED strip yang dipasang pada bagian bawah kabinet dapur, sehingga lampunya tidak akan memakan tempat dan masih dapat menerangi meja dapur dengan baik.

Manfaatkan ruang kosong di dinding

Memanfaatkan area vertikal merupakan salah satu trik yang umum digunakan untuk memaksimalkan tempat di ruangan yang sempit. Nah, untuk dapur yang sempit, Anda bisa memanfaatkan ruang kosong di dinding sebagai area penyimpanan tambahan.

Berikut beberapa ide yang bisa Anda gunakan untuk memanfaatkan dinding kosong:

  • Gunakan rak ambalan untuk meletakkan bumbu dapur, gelas, dan dekorasi kecil.
  • Pasang gantungan di bawah kabinet dan backsplash dapur untuk menggantung gelas, alat masak, atau talenan.
  • Gunakan rak piring yang bisa dipasang ke dinding.
  • Gunakan pegboard untuk menggantung barang-barang kecil di dapur.
  • Pasang gantungan di dinding dapur untuk menggantung apron atau celemek.

Baca Juga: 5 Warna Cat Rumah yang Diprediksi akan Populer Pada Tahun 2022

Gunakan desk riser untuk menambah ruang di meja

Untuk memaksimalkan ruang di dapur, Anda juga dapat memanfaatkan area vertikal di meja dapur. Caranya, Anda bisa menggunakan rak kecil yang minimalis atau menggunakan desk riser.

Desk riser yang biasanya digunakan untuk meninggikan layar monitor komputer ini juga bisa Anda manfaatkan untuk menambah ruang di meja dapur. Letakkan barang-barang seperti alat masak dan cangkir di bagian atasnya, kemudian manfaatkan space kosong di bawah desk riser untuk meletakkan barang kecil seperti botol dan toples bumbu.

Baca Juga: Inspirasi Ruang Keluarga Warna Oranye, Hangat dan Segar!

Gunakan boks atau kontainer untuk merapikan barang

Mungkin Anda tidak sempat memasang gantungan di dapur untuk mengurangi ruang di dapur. Namun, Anda masih tetap bisa menjaga kerapian di dapur, kok.

Solusinya, Anda bisa menggunakan boks atau kontainer untuk merapikan barang-barang kecil di dapur dan letakkan di meja dapur. Anda bisa memilih kontainer dengan warna yang senada dengan dinding dapur untuk memberi ilusi dapur yang tidak sumpek.

Manfaatkan kabinet dapur

Jika Anda masih membutuhkan ruang penyimpanan tambahan di dapur, coba manfaatkan kabinet dapur. Anda bisa memanfaatkan pintu atau sisi kabinet yang tidak menempel pada dinding

Salah satu cara termudah untuk memanfaatkan kabinet dapur adalah dengan memasang gantungan di bagian dalam pintu atau sisi kabinet untuk menggantung peralatan dapur, misalnya alat masak, talenan, atau cempal.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk memaksimalkan ruang di dapur kecil. Bagaimana, tipsnya mudah dilakukan, kan? Selamat mempraktikkan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News