HOME, Keluarga

Jangan Asal Beli Air Fryer, Perhatikan 4 Hal Penting Ini

Jangan Asal Beli Air Fryer, Perhatikan 4 Hal Penting Ini

MOMSMONEY.ID - Salah satu peralatan dapur yang sedang menjadi tren saat ini adalah air fryer. Alat ini banyak diminati karena dapat menggoreng makanan hanya dengan udara panas, sehingga makanan yang dihasilkan lebih sehat.

Selain itu, air fryer serbaguna karena bisa digunakan untuk memasak berbagai bahan makanan. Dengan beragam kelebihan yang ditawarkannya, wajar jika orang-orang tergiur melengkapi dapur mereka dengan air fryer.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli air fryer, sehingga Anda bisa memanfaatkan alat tersebut dengan maksimal. Apa saja yang penting diperhatikan? berikut ulasannya!

Baca Juga: Catat, Ini Alasan Anda Harus Punya Air Fryer di Rumah

Ukuran

Dilansir dari Choice Australia, hal pertama yang perlu diperhatikan saat mencari dan membeli air fryer adalah ukuran dari alat tersebut. Air fryer merupakan alat yang tergolong besar, sehingga pastikan air fryer yang dipilih tidak akan terlalu memenuhi ruang di atas meja dapur atau meja makan di rumah Anda.

Jika berencana untuk menyimpan air fryer setiap kali selesai digunakan, pilihlah model air fryer yang simpel dan compact sehingga mudah disimpan di kabinet atau lemari dapur.

Kapasitas

Selain ukuran air fryer, perlu juga perhatikan kapasitas dari air fryer yang diinginkan. Biasanya, air fryer berukuran kecil memiliki kapasitas 1 liter-2 liter, ukuran medium memiliki kapasitas 1,8 liter hingga 2,5 liter, dan seterusnya.

Mengutip Cashkaro, kapasitas yang dipilih sebaiknya disesuaikan dengan tujuan penggunaan air fryer di rumah. Misalnya, jika hanya menggunakannya untuk kebutuhan personal atau keluarga kecil, air fryer berukuran 1 liter-2 liter sudah cukup.

Namun, jika berencana memasak ayam utuh atau memasak makanan lainnya dalam jumlah besar, coba pertimbangkan untuk membeli air fryer berkapasitas lebih besar, misalnya 3 liter hingga 6 liter.

Baca Juga: Rekomendasi Blender Mini Portable yang Praktis dan Terjangkau

Daya listrik

Sebelum membeli air fryer, pastikan kapasitas daya listrik di rumah kuat menjalankan alat tersebut. Pasalnya, air fryer membutuhkan daya listrik yang cukup besar untuk beroperasi, yaitu rata-rata sekitar 1.000 W. Jika dirasa terlalu besar, Anda bisa memilih menggunakan air fryer dengan daya listrik sekitar 650 W, sehingga lebih rendah.

Selain memastikan air fryer bisa digunakan di rumah, perhatikan juga durasi penggunaannya. Jangan sampai tagihan listrik di rumah Anda tiba-tiba membengkak hanya karena terlalu sering menggunakan air fryer.

Baca Juga: Ragam Tren Desain Dapur yang Layak Dicoba Tahun 2022

Fitur

Air fryer umumnya dilengkapi dengan beragam fitur yang memudahkan Anda saat mengoperasikannya. Dilansir dari Reliance Digital, fitur yang ditawarkan air fryer biasanya berbeda-beda pada setiap alat. Ada air fryer yang memiliki pengaturan standar seperti kenop suhu dan timer, kontrol digital yang lebih presisi, pengaturan mode memasak, hingga smart air fryer yang dilengkapi dengan wi-fi, sehingga bisa dikendalikan dari jarak jauh.

Semua fitur tersebut memang terdengar canggih. Namun, jangan membeli air fryer tertentu hanya karena fitur yang terlihat canggih. Perhatikan juga kebutuhan Anda supaya semua fitur yang ada di air fryer bisa dimanfaatkan dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News