Santai

Jadi Tanaman Hias Khas Paskah, Begini Cara Merawat Bunga Easter Lily

Jadi Tanaman Hias Khas Paskah, Begini Cara Merawat Bunga Easter Lily

MOMSMONEY.ID - Bunga easter lily atau bunga bakung Paskah menjadi tanaman hias khas Paskah yang kerap ada di rumah dan gereja. Cara merawat bunga easter lily ini mudah, lho. 

Cara merawat bunga easter lily ini tidak membutuhkan hal-hal yang rumit. Tanaman hias khas Paskah ini melambangkan kesucian Kristus yang terbebas dari dosa. 

Ada beberapa tanaman hias khas Paskah. Akan tetapi bunga easter lily ini yang memiliki kaitan erat dengan Hari Paskah. 

Bunga easter lily memiliki bentuk yang mirip seperti terompet. Tak heran jika bunga easter lily ini melambangkan terompet yang membunyikan pesan bahwa Yesus telah bangkit. 

Baca Juga: Download Gambar Telur Paskah PNG Gratis, Bisa Jadi Inspirasi untuk Hiasan

Pertumbuhan bunga easter lily juga melambangkan kebangkitan. Oleh karena itu, bunga easter lily menjadi tanaman hias khas Paskah. 

Mengutip Southernliving.com, bunga easter lily tergolong sebagai tanaman terna tahunan yang tumbuh setinggi 0,5-1,3 meter. Tumbuhan ini memiliki umbi lapis yang besar dengan diameter mencapai 5-10 cm. 

Daun bunga bakung Paskah berbentuk pita atau lanset, dengan panjang antara 3-120 cm dan lebarnya berkisar 3-18 cm. 

Bunga easter lily ini berbunga pada bulan April dan Juni. Ketika mekar, bunga ini mengeluarkan aroma semerbak yang sangat harum. 

Bunga Easter Lily

Oleh karena itu, bunga easter lily sangat cocok jika dipelihara sebagai tanaman hias. 

Banyak kegunaan bunga easter lily. Selain penghias, bunga ini dimanfaatkan sebagai tanaman potong untuk membuat karangan bunga. 

Biasanya karangan bunga ini ramai dicari oleh khalayak, terutama sebagai kado ketika perayaan Paskah. 

Selain itu, bunga easter lily ini juga bermanfaat sebagai antiracun pada luka yang diakibatkan oleh gigitan ular, sengatan serangga, hingga keracunan makanan. 

Baca Juga: 30 Twibbon Minggu Palma Tanggal 2 April 2023, Rayakan dan Bagikan di Media Sosial

Lalu, bagaimana cara merawat bunga easter lily? Nah, berikut ini akan dijelaskan mengenai cara merawat bunga easter lily. 

Cara merawat bunga easter lily

Beberapa tukang kebun menanam lily Paskah sebagai latar belakang taman abadi mereka, sedangkan yang lain lebih suka menanamnya dalam wadah selama musim Paskah.

Umbi yang ditanam di taman biasanya lebih mudah dirawat daripada tanaman pot yang ditransplantasikan.

Caranya, cukup tanam umbi sedalam 4 hingga 6 inci dan  berjarak sekitar satu kaki. 

Jaga agar tanah di sekitar umbi lembab sampai embun beku pertama, dan pastikan untuk mengubah tanah untuk memastikan drainase yang baik dan mencegah pembusukan. 

Setelah bunga easter lily tumbuh tinggi, Anda perlu memantaunya agar tetap tegak. Kemudian, Anda bisa memotong batang sampai ke tanah ketika daun sudah menguning. 

Simpan bunga easter lily dalam ruangan di dekat jendela dengan sinar matahari tidak langsung. Lindungi dari angin dan panas seperti ventilasi. 

Baca Juga: Cara Merawat Kaktus Dalam Ruangan Sesuai Varietasnya

Jika pot dibungkus dengan foil dekoratif (seperti yang umum untuk tanaman yang dijual sekitar Paskah), keluarkan pot untuk disiram agar pot mengering sepenuhnya sebelum dipasang kembali.

Jika Anda ingin bunga lili yang dibeli di toko mekar untuk Paskah, pilih varietas pot dengan beberapa bunga yang sudah mekar, lalu pilih area cerah di rumah Anda untuk lokasinya.

Pada malam hari, pindahkan tanaman Anda ke ruangan yang sejuk, lalu keluarkan lagi keesokan harinya agar tumbuh subur. 

Itulah informasi tentang tanaman hias khas Paskah. Bunga easter lily ini juga dapat Anda jadikan sebagai kado Paskah untuk keluarga dan kerabat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News