InvesYuk

Investasi Lewat Dompet Digital, Minim Kelemahan tapi Juga Minim Pelayanan

Investasi Lewat Dompet Digital, Minim Kelemahan tapi Juga Minim Pelayanan

MOMSMONEY.ID - Setiap investasi pasti punya risiko. Begitu pun investasi melalui dompet digital yang terinstal di ponsel.

Selain risiko kerugian, banyak orang ragu berinvestasi lewat aplikasi seperti dompet digital alias e-wallet karena merebaknya kasus cyber crime

Namun, Melvin Mumpuni, perencana keuangan  Finansialku, mengatakan, investasi jenis ini sebenarnya sama saja seperti investasi lewat aplikasi digital yang memang resmi dirilis perusahaan finansial.

Pasalnya, dompet digital juga bekerjasama dengan penyedia investasi tersebut. Jadi, bukan mereka yang membuat produk itu sendiri.

"Kekurangannya, kalau saya lihat enggak ada, ya. Ini sebenarnya, kan, adopsi dari China. Lebih seperti sarana menabung," ujar Melvin. 

Baca Juga: Ini Tips Dari Kaka dan Bimbim Slank Dalam Memanfaatkan E-Wallet

Senada dengan Melvin, Safir Senduk, perencana keuangan senior, pun menilai investasi lewat aplikasi dompet digital tidak memiliki banyak kelemahan.

"Skemanya bagus. Cuma, untuk menghubungi customer service, orang kadang bingung ke mana harus meneleponnya," kata Safir. 

Menurut Safir, dompet digital terbiasa menggunakan e-mail untuk menyampakan saran atau pengaduan. Alhasil, ketika ada komplain jadi tidak cepat dilayani.

Padahal, konsep dari digitalisasi adalah menyelesaikan masalah atau kebutuhan konsumennya dengan cepat. 

Di aplikasi ini, kalau mau tanya soal investasi jadi sulit ke mana.  "Contoh aja di Gojek atau Gopay, kalau mau komplain bingung kan ke mana," imbuh Safir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News