HOME, Santai

Introvert Ternyata Cocok Jadi Pemimpin! Berikut Alasan Pentingnya

Introvert Ternyata Cocok Jadi Pemimpin! Berikut Alasan Pentingnya

MOMSMONEY.ID - Kepribadian introvert memiliki sikap dan sifat yang lebih tertutup dibandingkan ekstrovert. Tak jarang bahkan orang dengan kepribadian introvert ini cenderung lebih pasif dalam beberapa hal dibandingkan dengan kepribadian ekstrovert.

Kepribadian introvert merupakan kepribadian yang cenderung lebih pasif dan tertutup dibandingkan kepribadian ekstrovert. 

Karena kepribadiannya tersebut membuat seorang introvert sulit dipercaya untuk menjadi seorang pemimpin. Padahal, menurut penelitian yang dilampirkan pada laman About Leaders, sebanyak kurang lebih 40% pemimpin merupakan seorang introvert.

Namun, leadership atau kepemimpinan bukanlah melulu mengenai membangun komunikasi, yang menjadikan introvert diremehkan. Kepemimpinan atau leadership merupakan kebiasaan yang bisa dibangun dan dilatih.

Baca Juga: Mengenal Hustle Culture, Budaya Gila Kerja Yang Mengancam Kesehatan Mental

Inilah beberapa alasan mengapa introvert bisa menjadi pemimpin yang baik.

Orang yang tenang

Introvert merupakan seorang yang tenang dan tidak mudah panik. Biasanya kepribadian ini cenderung tidak cepat bereaksi terhadap sesuatu. Mereka juga selalu berhati-hati dalam membuat sebuah keputusan. Karena itu, kepribadian introvert cocok untuk menjadi pemimpin karena sifat tenang dan tidak reaktifnya.

Pendengar yang baik

Selain komunikasi yang baik, seorang pemimpin juga harus memiliki kemampuan untuk mendengarkan orang lain. Introvert memahami bahwa dengan mendengarkan mereka bisa mempelajari sesuatu. Selain itu juga karena mereka akan lebih mudah mendapatkan feedback dari tim ataupun orang yang berada di sekitarnya.

Baca Juga: Takut Terima Telepon? Bisa Jadi Itu Phone Anxiety, Yuk Kenali Penyebabnya

Introvert menyukai pembicaraan mendalam

Dalam hal bekerja tentunya ada beberapa hal yang perlu untuk dibicarakan secara mendalam. Introvert adalah kepribadian yang tidak menyukai basa-basi. Mereka cenderung menyukai pembicaraan mendalam, sehingga ia bisa mengetahui secara detail mengenai sesuatu hal dalam pekerjaan ataupun timnya.

Rendah hati

Karakter utama dari seorang introvert adalah rendah hati atau tidak gila pujian. Mereka juga tidak haus akan perhatian orang lain dan fokus akan pekerjaan dan dirinya sendiri.

Seorang pemimpin yang introvert juga cenderung bisa menghargai pekerjaan dan kontribusi orang lain. Sehingga, gaya kepemimpinan bossy atau suka mengatur tentu saja tidak akan dilakukannya. 

Problem solver yang baik

Introvert merupakan kepribadian yang penuh kehati-hatian. Sehingga ia bisa dengan mudah melihat celah dalam sebuah permasalahan. Sehingga, hal tersebut yang membuat mereka menjadi seorang problem solver yang baik.

Dalam hal bisnis tentunya penting untuk memiliki seorang pemimpin yang bisa menemukan penyelesaian masalah agar timnya dapat tetap bekerja dengan baik dan produktif.

Selanjutnya: Sering Lelah dan Nafsu Makan Menurun? Bisa Jadi Itu Gejala Penyakit Liver

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News