Santai

Intip 6 Inspirasi Kostum Pahlawan, Cocok Dipakai Saat Hari Pahlawan

Intip 6 Inspirasi Kostum Pahlawan, Cocok Dipakai Saat Hari Pahlawan

MOMSMONEY.ID - Inilah inspirasi kostum pahlawan yang bisa Anda gunakan saat perayaan Hari Pahlawan.

Memperingati Hari Pahlawan biasanya identik dengan menggunakan kostum yang berkaitan tentang pahlawan Indonesia.

Jika ada yang masih bingung, berikut ada beberapa inspirasi kostum pahlawan yang bisa digunakan untuk merayakan Hari Pahlawan tanggal 10 November besok:

Baca Juga: Ini Daftar 5 Film Horor Terbaru, Tayang Bulan November di Bioskop Indonesia

Kebaya

Pakaian yang satu ini adalah pakaian yang paling mudah ditemukan dan digunakan sebagai kostum Hari Pahlawan.

Para pahlawan wanita di masa lalu masih banyak yang menggunakan kebaya maupun pakaian adat daerahnya sebagai pakaian mereka untuk berjuang melawan penjajah maupun memajukan Indonesia. Contohnya, Kartini, Dewi Sartika, dan Cut Nyak Dien.

Tentara jadul

Ada juga kostum tentara jadul Indonesia yang lekat dengan warna coklat dari atas hingga bawah. Kostum ini adalah kostum yang mudah ditemukan dan bisa digunakan baik bagi pria maupun wanita.

Cobalah untuk meniru gaya pahlawan Indonesia, seperti Jenderal Sudirman dan Bung Tomo, saat menggunakan kostum pahlawan ini. Jangan lupa lengkapi dengan aksesoris seperti topi, sabuk, dan tempelan bendera Indonesia pada bajunya, ya.

Perawat

Peran perawat juga sangat penting dalam membantu menyelamatkan nyawa para pahlawan yang bertugas di medan perang. Maka dari itu, menggunakan kostum perawat saat merayakan Hari Pahlawan juga bisa menjadi pilihannya.

Selain perawat, kostum dokter juga bisa dijadikan alternatif pilihan lainnya.

Baca Juga: 70 Link Twibbon Hari Pahlawan untuk 10 November 2022, Bisa Digunakan Tanpa Watermark

Kaum cendekiawan

Kostum yang satu ini menonjolkan kesan rapi, berwibawa, dan tegas, seperti Ir. Soekarno, Ki Hajar Dewantara, HOS Tjokroaminoto, W.R Supratman, dan Haji Agus Salim.

Poin penting dalam kostum pahlawan ini adalah menggunakan jas rapih berwarna putih, coklat, maupun hijau yang dilengkapi dengan dasi, blangkon, maupun sepeda antik sebagai aksesorisnya.

Tentara perang

Tentara perang Indonesia juga merupakan pahlawan yan tidak boleh sampai dilupakan. Tentara perang Indonesia di masa lalu didominasi oleh masyarakat Indonesia yang menggunakan alat perang kuno seperti bambu runcing.

Menggunakan kaos oblong dan celana compang-camping yang dilengkapi dengan lumuran darah adalah ciri khas dari kostum ini.

Guru

Peran guru juga berperan penting dalam memajukan Indonesia. Guru bahkan disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

Cobalah untuk menggunakan seragam guru di sekolah yang anti-mainstream maupun seragam guru secara umum saat merayakan Hari Pahlawan. Jangan lupa untuk membawa buku, penggaris kayu, dan kapur sebagai pelengkap aksesorisnya.

Nah, itu tadi adalah beberapa inspirasi kostum pahlawan yang bisa digunakan untuk merayakan Hari Pahlawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News