HOME, Keluarga

Inspirasi Rumah Bergaya Industrial yang Kekinian

Inspirasi Rumah Bergaya Industrial yang Kekinian

MOMSMONEY.ID - Gaya industrial tengah digandrungi untuk interior rumah. Gaya interior yang menyerupai bangunan setengah jadi ini terinspirasi dari penampilan bangunan industri seperti warehouse dan pabrik.

Penampilan interior industrial yang “telanjang” dan terbuka pun menjadi salah satu aspek yang membuat gaya interior ini semakin menarik. Dengan penataan yang tepat, gaya industrial bisa terlihat estetik tanpa harus terlihat seperti bangunan mangkrak.

Jika Anda sedang mencari inspirasi rumah dengan gaya ini, berikut ada beberapa contoh rumah bergaya industrial yang terlihat keren dan kekinian. Yuk, tengok di bawah!

Baca Juga: Banyak Digunakan di Interior Rumah dan Kafe, Apa Itu Gaya Industrial?

Mezzanine untuk ruang ekstra

Salah satu ciri khas gaya interior industrial adalah penggunaan ruangan yang luas dan terbuka  dengan langit-langit yang tinggi.

Hal ini dapat menciptakan banyak ruang kosong di bagian atas, sehingga Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat mezzanine atau lantai tambahan di dalam ruangan. Biasanya, mezzanine memiliki luas sekitar sepertiga atau setengah dari luas ruangan di bawahnya.

Rumah bergaya industrial di atas memiliki ruangan yang luas tanpa sekat dengan langit-langit yang tinggi. Pemiliknya mengakali ruang di bagian atas dengan menambahkan mezzanine sebagai area tidur. Untuk memberi kesan industrial, material seperti semen, bata, besi, dan kayu pun digunakan.

Dinding bata yang hangat

Gaya industrial identik dengan penampilan material bangunan yang dibiarkan begitu saja. Jadi, salah satu cara termudah untuk menghadirkan nuansa industrial di rumah Anda adalah dengan menggunakan dinding bata, baik sungguhan ataupun lewat wallpaper bermotif bata.

Rumah di atas menggunakan dinding bata yang dibiarkan begitu saja, sehingga memberi kesan industrial. Tak hanya itu, penggunaan dinding bata dengan warna merah kecoklatan pun dapat memberikan nuansa hangat pada ruangan. Anda dapat menambahkan lampu dengan warna warm white atau kuning supaya ruangan makin terasa hangat.

Sebagai pelengkap, gunakan ornamen dengan material seperti pipa, besi, dan kayu untuk menonjolkan kesan industrial dalam ruangan.

Baca Juga: Inspirasi Wallpaper Motif Bata yang Bikin Rumah Terlihat Rustic

Perpaduan dinding semen dan bata

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Aurelie (@lily_bricodeco)

Selain dinding bata, dinding semen ekspos juga merupakan salah satu model dinding yang banyak digunakan untuk menciptakan kesan industrial dalam ruangan. Warna abu-abu dari semen juga dapat menghadirkan kesan kalem yang nyaman.

Supaya rumah Anda tidak terasa kosong atau polos, cobalah untuk menambahkan aksen berupa dinding bata pada beberapa bagian rumah. Misalnya pada rumah di atas yang menggunakan wallpaper bermotif bata pada bagian bawah tangga untuk menciptakan dinding aksen yang menarik.

Rumah di atas juga menggunakan furnitur dan pernak-pernik dari besi dan kayu dengan warna yang tegas untuk melengkapi kesan industrial di dalam rumah.

Tangga melayang yang minimalis 

Jangan menganggap bahwa gaya industrial tidak cocok untuk rumah minimalis. Kenyataannya, dengan pemilihan material dan penataan yang tepat, Anda bisa menghadirkan kesan minimalis di rumah bergaya industrial.

Rumah di atas menggunakan tembok beton yang simpel tanpa ada sentuhan apapun. Untuk kesan minimalis, pemiliknya menggunakan tangga model cantilever atau tangga melayang yang estetik, namun tetap mempertahankan aspek industrial dengan menggunakan kayu sebagai materialnya.

Sebagai pemanis, pemiliknya memasang panel kaca yang tebal sebagai pegangan tangga. Selain terlihat industrial, panel kaca juga makin memperkuat ilusi tangga melayang sehingga penampilan rumah semakin menarik.

Nah, itulah beberapa contoh rumah bergaya industrial yang dapat Anda jadikan inspirasi. Adakah penampilan rumah yang menarik perhatian Anda?

Selanjutnya: Ide Penggunaan Skylight yang Bikin Rumah Makin Terang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News