HOME, Keluarga

Ide Penggunaan Skylight yang Bikin Rumah Makin Terang

Ide Penggunaan Skylight yang Bikin Rumah Makin Terang

MOMSMONEY.ID - Skylight merupakan alternatif jendela yang banyak digunakan di rumah atau bangunan yang sulit mendapat cahaya matahari dari jendela biasa. Meskipun begitu, ada juga rumah yang menggunakan skylight sebagai sumber pencahayaan tambahan untuk melengkapi keberadaan jendela.

Selain memberikan pencahayaan tambahan di dalam ruangan, skylight juga dapat menghemat penggunaan lampu dan menciptakan suasana ruangan yang estetik.

Nah, jika Anda tertarik untuk memasang skylight di rumah, tengok dulu beberapa ide penggunaan skylight di bawah ini.

Baca Juga: Mengenal Skylight, Kaca Atap yang Bikin Rumah Makin Cerah

Nuansa cerah di kamar mandi

Kamar mandi yang memiliki penerangan yang baik merupakan kunci untuk menghindari kesan pengap dan mencegah keberadaan jamur dan lumut di kamar mandi.

Nah, jika kamar mandi Anda sulit mendapatkan penerangan, tambahkan jendela di bagian atas atau pasang skylight di bagian atap kamar mandi seperti gambar kamar mandi di atas. Selain membantu menerangi kamar mandi, cahaya yang berpadu dengan warna abu-abu pada dinding kamar mandi juga menciptakan kesan kalem.

Untuk menghindari masalah privasi, Anda dapat menggunakan skylight dengan kaca buram (frosted glass) atau kaca ukir (etched glass).

Skylight setengah lingkaran

Jika Anda ingin suasana ruangan yang berbeda, coba gunakan skylight dengan bentuk setengah lingkaran yang unik seperti pada gambar di atas.

Walaupun berbentuk setengah lingkaran, skylight masih bisa menerangi ruangan dengan optimal. Kuncinya, gunakan skylight dengan ukuran yang cocok dengan luas ruangan dan gunakan warna-warna terang pada dinding ruangan, supaya cahaya dapat terpantul dengan baik ke seluruh ruangan.

Baca Juga: Inspirasi Kamar Tidur ala Japandi, Istirahat Jadi Makin Tenang

Menerangi bagian tengah rumah

Skylight banyak digunakan pada rumah luas satu lantai untuk membantu menerangi bagian tengah rumah yang biasanya tidak banyak mendapat akses cahaya.

Contohnya seperti rumah pada gambar di atas, di mana pemiliknya menggunakan skylight dengan ukuran besar untuk membantu menerangi bagian dalam rumah. Dengan adanya skylight, rumah pun jadi terasa cerah.

Penggunaan skylight dapat dilengkapi dengan taman minimalis di dalam rumah untuk menyegarkan suasana ruangan. Pilihlah tanaman hias yang minimalis dan mudah dirawat untuk menghias taman indoor Anda.

Perpaduan warna lembut dan cahaya dari skylight

Anda tidak harus menggunakan warna putih bersih pada dinding ruangan demi memantulkan cahaya dari skylight. Coba gunakan warna lain yang sama terangnya namun tidak terlalu menyilaukan, misalnya abu-abu muda pada dinding dapur di atas.

Supaya tidak terlihat monoton dan membosankan, pemiliknya menggunakan warna-warna terang lainnya seperti soft pink dan coklat muda. Perpaduan warna terang yang lembut dengan cahaya yang jatuh dari skylight akan memberi kesan ruangan yang cerah, sehingga Anda dapat melakukan kegiatan dengan nyaman.

Itulah beberapa ide penggunaan skylight yang dapat membuat suasana rumah Anda semakin cerah. Dengan pemasangan skylight dan penataan ruangan yang tepat, rumah Anda pun akan terlihat nyaman dan lapang.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, ya!

Selanjutnya: Mau Mendekor Kamar ala Korea? Ini 7 Hal yang Wajib Ada, Yuk Simak!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News