Inilah Sederet Buah yang Ampuh Membantu Menurunkan Hipertensi

Reporter: Helvana Yulian
Selasa, 01 Februari 2022 | 10:34 WIB
Inilah Sederet Buah yang Ampuh Membantu Menurunkan Hipertensi

ILUSTRASI. Buah yang Ampuh Membantu Menurunkan Hipertensi


MOMSMONEY.ID - Hipertensi atau tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat menyebabkan banyak komplikasi, mulai dari stroke hingga serangan jantung yang dapat mengancam nyawa.  

Mengonsumsi makanan penurun darah tinggi sangat penting bagi penderita hipertensi, agar tekanan darahnya tetap stabil dan terhindar dari berbagai komplikasi.

Dilansir dari Healthline, inilah sederet buah yang ampuh membantu menurunkan hipertensi yang bisa Anda konsumsi, antara lain: 

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Konsumsi Blueberry Secara Rutin untuk Kesehatan Tubuh

1. Buah berry

Buah yang ampuh membantu menurunkan hipertensi pertama adalah buah berry. Kelompoh buah berry, terutama blueberry, mengandung senyawa flavonoid.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa flavonoid dapat mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi sehingga cocok untuk penderita hipertensi. 

Anda bisa mengonsumsi satu cangkir bluberry setiap hari dan bisa menambahkannya pada yogurt atau sereal pagi Anda. 

2. Buah bit

Buah yang ampuh membantu menurunkan hipertensi kedua adalah buah bit. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum jus bit dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Salah satu penelitian yang membuktikan hal tersebut datang dari penelitian yang diterbitkan oleh Nutrition Journal pada 2013. 

Penelitian ini berhasil membuktikan bahwa terjadi penurunan tekanan darah sistolik setelah enam jam mengonsumsi jus bit, terutama pada partisipan pria. 

Hal ini dapat terjadi karena kandungan nitrat, yang ditemukan dalam buah bit, bisa menjadi sumber makanan penurun darah tinggi.

Anda dapat mengonsumsi buah bit dengan cara dijus atau dimasak (dipanggang atau dikukus). 

Baca Juga: Pahami 5 Kebiasaan yang Wajib Dilakukan Penderita Gagal Ginjal

3. Buah pisang

Buah yang ampuh membantu menurunkan hipertensi ketiga adalah pisang. Selain murah, pisang juga bermanfaat sebagai makanan penurun darah tinggi. 

Kandungan kalium yang tinggi dalam buah pisang dapat membantu menyeimbangkan kadar natrium yang tinggi dalam tubuh para penderita hipertensi. 

Hal in menjadikan pisang dinilai efektif sebagai penurun hipertensi. Anda dapat mengonsumsi pisang secara langsung atau juga sebagai teman untuk makan sereal atau yogurt. 

4. Buah delima

Buah yang ampuh membantu menurunkan hipertensi terakhir adalah buah delima. Buah delima atau juga disebut pomegranate memiliki khasiat sebagai makanan penurun hipertensi. 

Plant Foods for Human Nutrition menunjukkan bahwa konsumsi jus buah delima lebih dari satu gelas setiap hari selama empat minggu dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

Kandungan kalium dan polifenol dalam buah delima diyakini berperan dalam menurunkan tekanan darah. 

Dengan pola hidup sehat yang disertai konsumsi makanan penurun darah tinggi, diharapkan tekanan darah Anda bisa stabil dalam batas yang normal.

Jangan lupa juga untuk rutin memeriksa tekanan darah dan kondisi kesehatan Anda ke dokter guna mengantisipasi terjadinya komplikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru
TERPOPULER