HOME, Bugar

Inilah 5 Manfaat Konsumsi Blueberry Secara Rutin untuk Kesehatan Tubuh

Inilah 5 Manfaat Konsumsi Blueberry Secara Rutin untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Blueberry adalah buah mungil berwarna biru keunguan yang mungkin kurang populer di Indonesia. Blueberry memang tidak tumbuh di Indonesia. 

Blueberry tergolong mahal, karena jarang dipilih untuk dikonsumsi sehari-hari. Di balik itu, buah yang menyegarkan ini ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. 

Dilansir dari Mayo Clinic dan Healthline, inilah lima manfaat konsumsi blueberry secara rutin untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui, antara lain:

Baca Juga: Inilah 5 Buah yang Baik Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

1. Baik untuk kesehatan jantung

Manfaat konsumsi blueberry secara rutin untuk kesehatan yang pertama adalah baik untuk kesehatan jantung. 

Blueberry yaitu menjaga dan memelihara kesehatan jantung. Hal ini karena blueberry mengandung antioksidan polifenol yang disebut juga antosianin. 

Melalui studi dalam jurnal Advances in Nutrition, terjadi 5-6 persen peningkatan kesehatan pada pengidap hipertensi setelah mengonsumsi blueberry selama 8 minggu berturut-turut. 

2. Menjaga daya tahan tubuh 

Manfaat konsumsi blueberry secara rutin untuk kesehatan yang kedua adalah menjaga daya tahan tubuh karena blueberry kaya akan vitamin C.

Dalam satu porsi blueberry, terkandung vitamin C yang kadarnya mencukupi 24 persen dari total kebutuhan harian. Hal ini bisa menjaga daya tahan tubuh dari serangan virus dan penyakit.

3. Menurunkan risiko diabetes

Manfaat konsumsi blueberry secara rutin untuk kesehatan yang ketiga adalah menurunkan risiko diabetes. Diabetes menjadi penyakit yang bisa menimbulkan komplikasi berbahaya. 

Dikutip dari jurnal Antioxidants pada tahun 2016 lalu, terdapat kesimpulan yang menyatakan bahwa manfaat blueberry mampu mencegah dan menurunkan risiko penyakit diabetes. 

Baca Juga: Manfaat dan Kandungan Nutrisi Buah Nangka untuk Kesehatan Tubuh

4. Kaya antioksidan 

Manfaat konsumsi blueberry secara rutin untuk kesehatan yang keempat adalah kaya antioksidan. Kandungan flavonoid dalam blueberry terbilang cukup tinggi, sehingga tepat sebagai sumber antioksidan. 

Mendapatkan asupan antioksidan dalam jumlah cukup setiap hari adalah kunci untuk menangkal dampak buruk radikal bebas penyebab penyakit.  

5. Menurunkan kolesterol

Manfaat konsumsi blueberry secara rutin untuk kesehatan yang kelima adalah bisa menurunkan kolesterol. 

Senyawa pterostilbene pada blueberry mampu merangsang protein reseptor yang terdapat dalam sel, protein ini berperan penting untuk menurunkan kolesterol. 

Selain itu blueberry juga mengandung pektin yang tinggi. Serat larut air mampu mengikat kolesterol, nantinya kolesterol jahat akan berkurang dan digantikan dengan kolesterol baik.

Itulah 5 manfaat konsumsi blueberry secara rutin untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui dan konsumsi dengan baik.

Untuk hasil yang optimal, jangan lupa untuk mengombinasikan konsumsi rutin blueberry dengan pola makan dan gaya hidup sehat, serta olahraga teratur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News