HOME, Bugar

Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Dada pada Anak

Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Dada pada Anak

MOMSMONEY.ID - Nyeri dada merupakan kondisi ketika dada terasa seperti tertekan, tertusuk, atau terbakar. Rasa sakit ini bisa terjadi di area dada mana saja, baik sebelah kanan, kiri, atau pun tengah.

Nyeri dada bisa berlangsung dalam waktu yang singkat hingga berhari-hari. Sebagian besar nyeri dada pada anak disebabkan oleh masalah otot dan tulang dada, gangguan pernapasan, pencernaan, dan psikologis.

Baca Juga: Seperti Ini Ciri-Ciri Penyakit Maag yang Perlu Diketahui

Berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab nyeri dada pada anak yang perlu diketahui orang tua, dilansir dari Everyday Health dan Mayo Clinic:

1. Kecemasan

Sama halnya dengan orang dewasa, anak-anak juga bisa merasa cemas. Rasa cemas bisa muncul saat anak-anak masuk ke lingkungan baru, menghadapi ujian, atau ketika berpisah dari orang tua mereka.

2. GERD atau asam lambung

Nyeri dada yang dialami anak mungkin saja disebabkan oleh naiknya makanan dan asam lambung ke kerongkongannya. Kondisi ini disebut GERD (gastroesophageal reflux disease) atau penyakit asam lambung.

Baca Juga: Buah-buahan yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

3. Kostokondritis

Kostokondritis adalah pembengkakan pada tulang rawan yang menghubungkan tulang dada dengan tulang rusuk. Ini merupakan salah satu penyebab nyeri dada yang umum terjadi pada anak.

4. Asma

Asma merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas. Kondisi ini bisa membuat anak merasakan sesak dan nyeri di dada, kesulitan bernapas, batuk-batuk, serta mengi.

Penyebab nyeri dada ada bermacam-macam. Meskipun, sebagian besar tidak berbahaya, orang tua tetap harus waspada terhadap penyebab lainnya. 

Jika yeri dada yang dikeluhkan berlangsung lama dan disertai dengan demam, sulit bernapas, pusing, bibir membiru, atau bahkan pingsan, sebaiknya segera membawanya ke dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News