HOME, Bugar

Buah-buahan yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

Buah-buahan yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

MOMSMONEY.ID - Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) merupakan masalah kesehatan yang cukup sering terjadi di masyarakat.

Penyakit yang menimpa organ lambung ini dapat menimbulkan nyeri ulu hati (heartburn) atau sensasi perih dan panas di dada akibat naiknya asam lambung menuju kerongkongan, dilansir dari Healthline.

Menurut Journal of Thoracic Disease, GERD ditandai dengan adanya nyeri dada pertengahan seperti terbakar, regurgitasi cairan atau makanan, atau pengembangan peradangan kerongkongan yang dapat menyebabkan disfungsi dalam menelan.

Untuk mengurangi asam lambung dan mencegah gejalanya, penderita GERD disarankan untuk mengonsumsi makanan dan buah-buahan berikut ini:

1. Pepaya

Pepaya

Pepaya juga termasuk buah yang rendah asam. Buah ini menawarkan cita rasa tropis. Mereka juga dikemas dengan karoten dan vitamin C. Buah ini juga cocok dikonsumsi bagi penderita GERD.

2. Pisang

Pisang

Rasanya yang lezat serta harganya yang terjangkau membuat pisang menjadi salah satu buah favorit banyak orang. Tak hanya itu, pisang juga menjadi salah satu buah yang direkomendasikan untuk penderita penyakit asam lambung.

Baca Juga: Moms, Ini Beberapa Gejala Maag pada Anak yang Perlu Diketahui  

Baca Juga: Mengenali Risiko Penyakit bisa Dilihat dari Golongan Darah

3. Apel

Buah Apel

Kandungan kalsium, magnesium, dan kalium pada apel dipercaya bisa meredakan gejala asam lambung yang muncul.

Untuk mendapatkan manfaat apel yang satu ini, disarankan mengonsumsi buah apel merah setelah makan atau sebelum tidur, dan pilihlah apel yang rasanya manis.

4. Melon 

Melon

Melon adalah sumber magnesium yang baik, yang ditemukan dalam banyak obat untuk refluks asam. Selain itu, melon memiliki pH 6.1, yang membuatnya hanya bersifat agak asam.

Jadi jangan lupa masukkan dalam daftar menu diet 

5. Semangka 

Semangka

Buah semangka merupakan salah satu jenis buah yang bisa Anda konsumsi jika menderita GERD. Mengonsumsi buah yang mengandung banyak air seperti semangka dapat mencairkan dan melemahkan asam lambung.

Jika gejala penyakit asam lambung belum juga reda meski sudah mencoba pola makan sehat serta mengonsumsi makanan dan buah untuk asam lambung di atas, berkonsultasilah ke dokteruntuk mendapatkan pengobatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News