ads

Inilah Jenis-Jenis Rambut dan Cara Merawatnya dengan Tepat

Reporter: Rizka Noveliana
Sabtu, 06 Agustus 2022 | 17:20 WIB
Inilah Jenis-Jenis Rambut dan Cara Merawatnya dengan Tepat


MOMSMONEY.ID - Apa jenis rambut yang Anda miliki? Setiap orang memiliki jenis rambut yang berbeda, begitu juga dengan cara merawatnya. Sebaiknya hindari menyamaratakan kebutuhan rambut pada tiap jenis-jenisnya.

Agar tidak keliru, cari tahu jenis-jenis rambut dan cara merawatnya dulu, yuk. Melansir dari realfood.co.id, simak penjelasannya di bawah ini. 

1. Lurus

Pertama, jenis rambut yang menjadi idaman banyak wanita adalah rambut lurus. Jenis rambut ini tidak memiliki lekukan maupun gelombang sama sekali, mulai dari akar hingga ujung rambut. Ada 3 tipe rambut lurus yang perlu Anda tahu, yaitu: 

  • Tipe 1A: Rambut sangat lurus, sehingga ketika ditekuk pun akan kembali seperti semula dan teksturnya halus.
  • Tipe 1B: Dibandingkan dengan tipe 1A, tipe rambut ini cukup lurus dan lebih bervolume.
  • Tipe 1C: Tipe rambut ini tidak dapat ditekuk dan teksturnya cenderung frizzy.

Rambut lurus ini memiliki kelemahan, cenderung berminyak karena minyak akan lebih mudah mengalir pada batang rambut yang lurus. Oleh sebab itu, cara merawatnya dengan menghindari keramas terlalu sering.

Alasannya, keramas terlalu sering akan memicu minyak berlebih pada kulit kepala. Lalu, gunakan sampo dan konditioner khusus rambut lurus serta hindari penggunaan produk rambut yang mengandung minyak berlebih.

2. Bergelombang

Jenis rambut selanjutnya adalah bergelombang. Jenis rambut ini memiliki kesan sexy pada wanita. Rambut bergelombang adalah campuran antara rambut lurus dan keriting. Teksturnya cukup kasar, diameternya tebal, dan lebih mengembang. Ada berbagai tipe dari rambut bergelombang, sebagai berikut:

  • Tipe 2A: Rambut akan lurus mulai dari akar rambut hingga sekitar mata. Mulai dari bawah mata hingga ujung rambut ada gelombang yang tidak beraturan dan longgar.
  • Tipe 2B: Tipe rambut ini memiliki gelombang yang konsisten dan lebih rapat.
  • Tipe 2C: Gelombang pada rambut terlihat paling rapat dan jelas dari mulai akar hingga ujung rambut.

Cara merawatnya dengan menghindari produk rambut yang berbahan dasar minyak dan krim. Sebagai gantinya, gunakan produk berbahan dasar gel atau mousse ringan untuk mengatur bentuk gelombang tersebut.

Baca Juga: Inilah 4 Tanda Jenis Kulit Kombinasi yang Perlu Anda Perhatikan

3. Ikal

Berikutnya, jenis rambut ikal. Anda yang memiliki rambut ikal, berarti pola rambut yang dimiliki mengikuti pola S. Jenis rambut ini juga memiliki kepadatan yang lebih tinggi sehingga mudah kusut. Berikut beberapa tipe dari rambut ikal, yakni: 

  • Tipe 3A: Bentuk rambut menyerupai spiral longgar dan diameter lingkarnya seperti batang lilin yang besar.
  • Tipe 3B: Rambut memiliki lekukan yang cukup tegas dan tebal serta terlihat ‘kriwil’.
  • Tipe 3C: Bentuk ikalnya kencang dan tegas serta diameternya kira-kira sebesar sedotan.

Cara merawat rambut ikal adalah dengan menghindari terlalu sering menyisir rambut karena bisa menyebabkan rambut menjadi kusut dan patah. Hindari penggunaan produk perawatan rambut yang mengandung silicon dan asam sulfat serta gunakan conditioner tanpa bilas.

4. Keriting 

Jenis rambut terakhir adalah keriting. Rambut keriting memiliki pola keriting yang konsisten, teksturnya kering dan kasar sehingga mudah rusak apabila kurang kelembapan. Adapun berbagai tipe rambut keriting, yaitu: 

  • Tipe 4A: Bentuk gulungan rambut sangat rapat dan kecil, kira-kira ukurannya sebesar lingkaran sumpit.
  • Tipe 4B: Pola keritingnya berbentuk zig zag atau huruf Z.
  • Tipe 4C: Ini adalah tipe keriting yang memiliki pola melingkar paling rapat.

Cara merawat rambut keriting yaitu dengan menggunakan masker, butter, dan krim deep conditioning untuk menjaga kelembabannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER