Bugar

Inilah 4 Tanda Jenis Kulit Kombinasi yang Perlu Anda Perhatikan

Inilah 4 Tanda Jenis Kulit Kombinasi yang Perlu Anda Perhatikan

MOMSMONEY.ID - Sebelum menggunakan produk skincare, Anda perlu mengenal jenis kulit wajah yang dimiliki. Hal ini supaya produk skincare bisa bekerja dengan tepat sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

Salah satunya adalah kulit kombinasi, jenis kulit ini gabungan dari kulit kering yang biasanya terletak di pipi dan kulit berminyak yang berada di area dahi dan hidung (T-zone).

Jika masih bingung, berikut tanda-tanda jenis kulit kombinasi yang perlu Anda perhatikan dilansir dari blog.avoskinbeauty.com, yaitu:

1. Area T-zone Berminyak 

Pertama, tanda-tanda kulit kombinasi adalah area T-zone berminyak. Biasanya pelembab akan buat bagian T-zone terasa lengket pada kulit kombinasi sedangkan terasa melembapkan di bagian pipi. Oleh sebab itu, gunakan dua pelembap sekaligus. Pilih pelembap oil-free untuk bagian T-zone dan gunakan pelembap yang berlabel moisturizing di bagian pipi. Selain itu, Anda bisa menggunakan pelembap berbahan dasar air yang dapat kamu aplikasikan ke seluruh wajah

2. Kulit Breakout dan Terkelupas

Tanda kulit kombinasi selanjutnya, yaitu kulit breakout dan terkelupas. Wajah Anda akan terasa kering tetapi juga memiliki jerawat di beberapa bagian. Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan dua masker bersamaan. Sebaiknya pilih masker untuk kulit berminyak atau berjerawat di bagian T-zone dan masker yang dapat melembapkan atau menghidrasi bagian kulit yang terasa kering seperti pipi.   

Baca Juga: Ketahui 4 Jenis Rambut dan Cara Merawatnya dengan Benar

3. Kulit Wajah Bersisik di Beberapa Bagian

Kulit wajah bersisik di beberapa bagian merupakan tanda kulit kombinasi. Tidak jarang kulit juga bersisik bahkan mengelupas di bagian yang berminyak. Banyak orang mengira ini adalah kulit yang mengering padahal hal ini bisa menjadi tanda kulit terkena bakteri atau jamur. Sebaiknya Anda segera konsultasikan ke dermatologis untuk mendapatkan krim anti jamur atau sejenisnya.

4. Kulit Terasa Berminyak dan Kering

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kulit kombinasi akan terasa berminyak dan kering. Cara paling mudah untuk mengetahuinya dengan mencuci muka. Bersihkan wajah seperti biasa dan hindari memakai produk apapun lalu tunggu sekitar 15 menit. Jika di bagian T-zone mulai berminyak dan bagian pipi kering, maka Anda memiliki jenis kulit kombinasi. Gunakan pencuci muka yang lembut dan ringan serta berbahan dasar air. Sebaiknya, pilihlah facial wash dengan label soap free. 

5. Pori-Pori Lebih Besar di Bagian Hidung 

Tanda-tanda kulit kombinasi lainnya adalah pori-pori lebih besar di bagian hidung. Hal ini karena kulit berminyak di bagian hidung sehingga menyebabkan pori-pori lebih besar daripada area lain. Gunakan produk yang mengandung retinol, seperti AHA dan BHA yang dapat membantu mengatasi masalah ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News