HOME, Bugar

Inilah Gejala Awal Kanker Prostat yang Sering Tidak Disadari

Inilah Gejala Awal Kanker Prostat yang Sering Tidak Disadari

MOMSMONEY.ID - Gejala kanker prostat sering kali tidak terdeteksi di awal. Penyakit reproduksi pria yang satu ini biasanya baru memunculkan gejala apabila sel kanker sudah telanjur menyebar.

Mengetahui gejala kanker prostat bertujuan agar Anda bisa lebih waspada terhadap kemunculannya dan dapat mengantisipasinya sejak dini.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kanker prostat kerap kali tidak menunjukkan gejala pada awalnya. Namun, apabila pertumbuhan sel kanker di dalam organ reproduksi pria tersebut semakin masif.

Baca Juga: Rutin Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Mencegah Kanker

Dilansir dari Healthline dan Cancer Care, berikut ini beberapa gejala kanker prostat yang sering tidak disadari dan perlu Anda ketahui, antara lain:

1. Tidak bisa menahan buang air kecil

Gejala kanker prostat yang sering tidak disadari pertama adalah tidak bisa menahan buang air kecil. Ciri-ciri kanker prostat selanjutnya adalah tidak bisa menahan keinginan untuk buang air kecil.

Akibat prostat membengkak, saluran kemih (uretra) menjadi tertekan. Penekanan inilah yang kemudian membuat penderita jadi sulit menahan keinginan untuk buang air kecil.

2. Buang air kecil tidak tuntas

Gejala kanker prostat yang sering tidak disadari kedua adalah buang air kecil yang tidak tuntas. Penderita kanker prostat memang akan lebih sering buang air kecil akibat penyakit yang dideritanya tersebut.

Namun, urine yang keluar cenderung sedikit.Hal ini karena uretra mengalami penyempitan. Penyempitan tersebut membuat urine sulit untuk keluar dengan lancar. Alhasil, kandung kemih tidak bisa benar-benar dikosongkan.

3. Urine disertai darah

Gejala kanker prostat yang sering tidak disadari ketiga adalah urine disertai darah. Pada kasus kanker prostat yang sudah masuk stadium lanjut, atau bahkan stadium akhir, gejala yang muncul bisa berupa adanya darah pada urine (hematuria).

Munculnya darah pada urine disebabkan oleh kondisi pembuluh darah kelenjar prostat yang pecah akibat serangan sel kanker. Selain urine, darah juga bisa muncul pada sperma.

Baca Juga: Sederet Manfaat Cranberry untuk Kesehatan Tubuh

4. Aliran urine lemah

Gejala kanker prostat yang sering tidak disadari keempat adalah aliran urine lemah. Uretra yang tertekan juga membuat pancaran urine menjadi lemah.

Ini merupakan salah satu ciri-ciri kanker prostat yang bisa dikenali dengan mudah. Namun, jangan buru-buru panik karena aliran urine yang lemah bisa saja dipicu oleh kondisi lain seperti pembesaran prostat jinak.

Itu sebabnya, Anda disarankan untuk melakukan pemeriksaan medis guna memastikan kondisi.

5. Sering buang air kecil di malam hari

Gejala kanker prostat yang sering tidak disadari kelima adalah sering buang air kecil di malam hari. Peningkatan frekuensi buang air kecil yang dialami penderita kanker prostat biasanya terjadi di malam hari.

Dalam dunia medis, kondisi ini dikenal sebagai nokturia.Akan tetapi, nokturia tidak selalu menjadi gejala kanker prostat.

Ada sejumlah gangguan medis lainnya yang menjadi penyebab seseorang harus bolak-balik buang air kecil di malam hari, seperti diabetes, sleep apnea, hingga gagal jantung.

Itulah beberapa gejala kanker prostat yang sering tidak disadari dan perlu Anda ketahui. 

Memeriksakan diri Anda sesegera mungkin bertujuan agar penyakit bisa lebih cepat terdeteksi yang mana hal ini dapat mempermudah proses pengobatan dan meningkatkan peluang kesembuhan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News