HOME, Keluarga

Inilah Cara yang Bisa Dicoba untuk Melebatkan Rambut Bayi

Inilah Cara yang Bisa Dicoba untuk Melebatkan Rambut Bayi

MOMSMONEY.ID - Tidak semua bayi yang dilahirkan memiliki rambut yang lebat. Sebagian di antaranya bahkan hampir tak terlihat seperti memiliki rambut.

Hal tersebut normal dan bukan menjadi suatu masalah. Pasalnya, lebat atau tipisnya rambut pada bayi yang baru lahir dipengaruhi oleh faktor genetik masing-masing.

Meskipun begitu, beberapa orang tua mungkin akan melakukan upaya ekstra untuk melebatkan rambut bayi mereka yang tipis. Jika Moms adalah salah satunya, maka artikel ini cocok untuk Moms baca.

Baca Juga: Inilah Cara Tepat Mengatasi Anak yang Sulit Makan

Melansir Parenting Life Tips, berikut beberapa cara yang bisa Moms coba untuk membuat rambut si kecil tumbuh lebih lebat:

Gunakan minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki kandungan vitamin E alami yang tinggi. Kandungan nutrisi pada minyak kelapa tersebut dapat mendorong pertumbuhan rambut dengan cara meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala.

Selain itu, minyak kelapa juga dapat membuat rambut berkilau serta mampu mencegah kerontokan rambut.

Oleskan minyak kelapa pada kulit kepala secara lembut sebanyak beberapa kali dalam seminggu. Diamkan minyak kelapa selama 20 menit kemudian bilas kulit kepala bayi dengan air hangat. Pastikan untuk menggunakan minyak kelapa organik / yang tidak dimurnikan ya Moms.

Aplikasikan minyak almond

Selain minyak kelapa, minyak almond juga mampu membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Merupakan sumber protein nabati serta kaya akan vitamin E, Moms dapat memanfaatkan minyak almond untuk merangsang pertumbuhan rambut bayi dengan cara membaurkan dan memijatkannya pada kepala mereka.

Sisir kulit kepala bayi

Menyisir kulit kepala bayi secara lembut bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut mereka. Dengan menyisirnya, kulit kering pada kepala bayi akan menghilang dan sirkulasi darah serta folikel rambut pun akan meningkat.

Kegiatan menyisir kulit kepala bayi dapat dilakukan menggunakan jari dengan disertai gerakan memijat. Lakukan hal ini selama beberapa menit setelah Moms mengoleskan minyak kelapa atau minyak almond pada kepala bayi.

Baca Juga: Bolehkah Bayi di Bawah 6 Bulan Menggunakan Sunscreen? Simak Faktanya

Cuci rambut bayi secara teratur

Mencuci rambut bayi penting dilakukan secara teratur. Kegiatan ini dilakukan untuk mengurangi kotoran yang menumpuk serta menjaga kebersihan kulit kepala bayi.

Cucilah rambut bayi setiap 2-3 hari sekali dengan menggunakan shampoo khusus bayi. Untuk membilasnya, gunakanlah air bersuhu hangat (tidak terlalu panas atau terlalu dingin) supaya bayi tetap merasa nyaman.

Pakai handuk yang lembut

Pakailah handuk dengan bahan yang lembut untuk mengeringkan kepala bayi. Menggosok kepala bayi dengan handuk yang lembut dapat mencegah kerusakan folikel rambut serta mampu mencegah kerontokan pada rambut bayi.

Selalu ingat juga untuk menggosokkan handuk pada kepala bayi dengan gerakan yang lembut ya Moms.

Berikan asupan yang kaya zat besi untuk bayi

Zat besi diklaim mampu membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Zat besi mengandung nutrisi penting yang dapat mencegah rambut bayi menjadi patah.

Apabila bayi sudah memasuki fase makan makanan padat, Moms dapat memberikan mereka makanan dengan kandungan zat besi yang tinggi seperti sayuran hijau.

Itulah beberapa cara melebatkan rambut bayi yang bisa Moms praktikkan pada si kecil. Semoga bermanfaat ya, Moms!

Selanjutnya: 5 Manfaat Brokoli untuk Kesehatan Tubuh Perempuan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News