Bugar

Inilah 5 Pilihan Camilan Sehat untuk Penderita Diabetes

Inilah 5 Pilihan Camilan Sehat untuk Penderita Diabetes

MOMSMONEY.ID - Pilihan camilan sehat untuk penderita diabetes sangat beragam. Jika menderita diabetes, Anda pasti disarankan untuk menjaga pola makan.

Namun, bukan berarti Anda jadi tidak bisa menikmati camilan di sela-sela waktu senggang. Makanan-makanan sehat di bawah ini bisa jadi camilan yang aman Anda konsumsi. 

Memilih camilan sehat untuk penderita diabetes menjadi bagian dari kunci hidup sehat. Dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini adalah beberapa camilan sehat untuk penderita diabetes, antara lain: 

Baca Juga: 5 Sumber Vitamin C untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Yogurt bebas lemak dan gula

Camilan sehat untuk penderita diabetes yang pertama adalah yogurt bebas lemak dan gula. Yogurt merupakan pilihan sehat untuk asupan karbohidrat, lemak baik, protein, dan probiotik.

Camilan ini aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, lho. Akan tetapi, Anda perlu memerhatikan informasi nilai gizi yogurt sebelum mengonsumsinya.

Cokelat hitam

Camilan sehat untuk penderita diabetes yang kedua adalah cokelat hitam. Siapa bilang penderita diabetes tidak boleh makan cokelat? Cokelat justru baik untuk Anda konsumsi.

Namun, pilihlah cokelat yang jenisnya cokelat hitam. Cokelat jenis ini bisa menjaga gula darah tetap stabil dan meningkatkan kerja hormon insulin yang sangat baik untuk penderita diabetes.

Telur rebus

Camilan sehat untuk penderita diabetes yang ketiga adalah telur rebus. Selain buah-buahan, telur rebus bisa menjadi pilihan camilan sehat untuk Anda.

Dalam 1 butir telur berukuran sedang, terkandung sekitar 7 gram protein. Telur juga mengandung kalium yang baik untuk kesehatan otot dan saraf, serta bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Kacang kedelai

Camilan sehat untuk penderita diabetes yang selanjutnya adalah kacang kedelai. Banyak makanan manis bisa memberatkan kinerja insulin, yaitu hormon yang mengendalikan kadar gula darah dan membuat gejala diabetes muncul.

Alih-alih menjaga gula darah tetap stabil, konsumsi camilan yang mengandung gula untuk diabetes secara berlebihan malah membuat gula darah naik tidak terkendali.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Berpotensi Merusak Ginjal yang Perlu Dihindari

Buah

Camilan sehat untuk penderita diabetes yang terkahir adalah buah. Walau memiliki rasa yang manis, penderita diabetes tetap boleh mengonsumsi buah. 

Buah mengandung serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untukmu. Namun, pastikan Anda memilih buah-buahan segar yang tidak membuat kadar gula darahmu naik.

Buah-buahan seperti apel, salak, anggur, jeruk, pir, beri-berian, dan kiwi aman untuk Anda konsumsi sebagai camilan sehat setiap hari.

Memiliki diabetes tidak menghalangi Anda dari memakan camilan. Ada banyak variasi camilan sehat asalkan jumlahnya dibatasi dan diimbangi dengan makanan sehat lainnya.

Bila Anda ragu, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai camilan sehat yang bisa Anda konsumsi. Itulah beberapa camilan sehat untuk penderita diabetes yang bisa Anda konsumsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News