Bugar

5 Sumber Vitamin C untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

5 Sumber Vitamin C untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

MOMSMONEY.ID - Vitamin C merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, karena vitamin ini baik untuk meningkatkan imunitas tubuh, mengontrol tekanan darah, serta menjaga kesehatan jantung dan kulit.

Vitamin C bisa memberikan beragam manfaat, sehingga asupannya harus selalu terpenuhi. Ada beragam makanan yang mengandung vitamin C dan bisa Anda konsumsi setiap harinya untuk menjaga kesehatan tubuh.

Dilansir dari Medline Plus dan NHS UK, berikut ini adalah berapa sumber makanan yang diketahui mengandung vitamin C tinggi, antara lain: 

Baca Juga: Bisa Dicoba! Inilah 5 Makanan untuk Mencegah Osteoporosis yang Bisa Anda Konsumsi

Jeruk

Satu buah jeruk berukuran sedang mengandung kurang lebih 70 mg vitamin C. Jumlah tersebut sudah bisa mencukupi kebutuhan vitamin C harian Anda. Sementara untuk secangkir jus jeruk, terkandung sekitar 120 mg vitamin C.

Stroberi

Satu mangkuk saji atau 150 gram buah stroberi mengandung sekitar 90 mg vitamin C. Selain tinggi kandungan vitamin C, stroberi juga mengandung antioksidan yang tinggi.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan antioksidan yang tinggi dalam stroberi bisa mencegah penyakit kanker, demensia, dan diabetes.

Tomat

Selain meningkatkan daya tahan tubuh, tomat mampu menurunkan risiko penyakit diabetes, jantung, dan kanker. Selain vitamin C, buah ini mengandung kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, dan potasium.

Baca Juga: Ibu Menyusui Wajib Tahu, Ini 5 Sayuran yang Bisa Melancarkan ASI

Brokoli

Satu mangkuk brokoli hijau yang sudah dipotong-potong mengandung 80 mg vitamin C. Setelah dimasak, kandungan vitamin C dalam brokoli akan menyusut menjadi 50 mg, tetapi angka ini masih menjadikan brokoli sebagai sumber vitamin C yang baik.

Bayam

Di dalam 85 gram bayam, terkandung sekitar 24 mg vitamin C. Kandungan vitamin C bayam memang tidak sebanyak kedua sayuran sebelumnya, tetapi bayam tidak boleh diremehkan.

Pasalnya, sayuran ini mengandung banyak nutrisi penting lain, seperti vitamin A, vitamin K, folat, kalium, dan zat besi.

Itulah beberapa jenis makanan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan tinggi vitamin C di dalamnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News