CLOSE [X]
ads

Inilah 5 Manfaat Madu Hitam untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Reporter: Helvana Yulian
Senin, 24 Januari 2022 | 10:25 WIB
Inilah 5 Manfaat Madu Hitam untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

ILUSTRASI. Manfaat Madu Hitam untuk Kesehatan


MOMSMONEY.ID - Madu hitam adalah salah satu jenis madu yang baik dikonsumsi untuk kesehatan. Jenis madu ini memiliki banyak nutrisi dan bahan lainnya yang membantu menjaga kesehatan tubuh.

Madu hitam juga sudah sejak lama digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Terdapat sebuah penelitian yang dimuat dalam Iranian Journal of Basic Medical Sciences tentang penggunaan madu tradisional dan modern untuk kesehatan manusia.

Diketahui bahwa madu hitam mengandung antioksidan lebih tinggi daripada madu biasa yang manfaatnya sangat baik untuk kesehatan.

Maka itu, kebanyakan orang percaya bahwa madu hitam memiliki manfaat yang baik untuk tubuh manusia. 

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Daun Pandan, Salah Satunya Bisa Menurunkan Darah Tinggi

Dilansir dari Mayo Clinic, inilah 5 manfaat madu hitam untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

1. Mengatasi gangguan maag

Manfaat madu hitam yang pertama adalah dapat membantu mengobati maag atau sindrom dyspepsia. Madu hitam diketahui dapat membantu mengatasi gejala maag yang cukup mengganggu, seperti perut sakit dan mual. 

Apabila Anda merasakan perut sakit dan mual, hal ini umum disebabkan oleh peningkatan produksi asam lambung, sehingga perut kembung dan terasa tidak nyaman.

2. Membantu mengobati asam urat

Manfaat madu hitam yang kedua adalah memabntu mengobati asam urat. Penyakit asam urat atau gout menjadi salah satu gangguan persendian yang sering dialami.

Hal ini bisa Anda rasakan apabila kadar asam urat (uric acid) dalam tubuh terlalu tinggi, sehingga persendian akan terasa sakit, bengkak, dan kemerahan.

Madu hitam diklaim memiliki khasiat untuk mengatasi masalah asam urat. Bahan makanan ini dapat menetralisir senyawa purin dalam tubuh. 

Purin adalah senyawa dalam makanan yang Anda konsumsi — seperti daging merah, jeroan, bayam, dan makanan laut — yang bisa memicu produksi asam urat.

Editor: Helvana Yulian

Terbaru