HOME, Bugar

Inilah 5 Manfaat Daun Pandan, Salah Satunya Bisa Menurunkan Darah Tinggi

Inilah 5 Manfaat Daun Pandan, Salah Satunya Bisa Menurunkan Darah Tinggi

MOMSMONEY.ID - Daun pandan memiliki banyak keistimewaan. Karena kaya akan manfaat, daun pandan sudah sejak lama digunakan untuk berbagai hidangan khas Indonesia serta obat tradisional.

Melansir dari Journal of Pharmaceutical Sciences and Research, daun pandan terbukti punya banyak khasiat karena mengandung fitokimia yakni steroid, karbohidrat, fenol, isoflavon, coumestrol, lignan, alkaloid, glikosida, asam amino dan vitamin, terpenoid, flavonoid, saponin.

Baca Juga: Inilah 5 Penyakit yang Bisa Dicegah dengan Daun Binahong

Berikut ini manfaat daun pandan untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Mencegah kanker

Dengan mengonsumsi teh seduhan daun pandan sebanyak 2 kali sehari, dipercaya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh US National Library of Medicine National Institutes of Health menyebut bahwa kandungan ekstrak daun pandan yang memiliki efek efek antibiotik, antiproliferative, dan apoptotic berpotensi untuk digunakan dalam terapi antikanker.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat daun pandan dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Hal ini dibuktikan dengan menurunnya glukosa plasma dalam tubuh  

Daun pandan mampu memperlancar peredaran darah, melarutkan asam urat dan asam lemak jenuh serta sebagai antioksidan.

Pernyataan serupa juga dibuktikan dengan penelitian oleh Wang Hui dan rekan dari Chinese Academy of Tropical Agricultural Sciences menyebutkan bahwa daun pandan merupakan sumber antioksidan alami.

3. Mengurangi kecemasan pada anak

Aroma daun pandan yang menenangkan juga ampuh digunakan untuk meredakan kecemasan pada anak.

Menurut Journal of International Dental and Medical Research aromaterapi daun pandan dipadukan dengan musik relaksasi terbukti mampu menurunkan tingkat kecemasan pada pasien anak yang sedang menjalani perawatan gigi.

Baca Juga: Manfaat dan kandungan nutrisi daun serai untuk kesehatan

4. Meningkatkan dan mempertahankan pigmen rambut

Bagi sebagian orang, uban adalah permasalahan rambut yang paling dihindari. Rambut yang memutih kadang memang membuat tak percaya diri.

Perawatan rambut beruban pun juga tak mudah. Umumnya, orang menutupi rambut yang beruban dengan cat rambut berwarna lebih gelap.

Namun, ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menutupi rambut berubah selain dengan mengecatnya, yakni dengan sari daun pandan.

5. Menenangkan kulit yang terbakar

Tanin merupakan zat yang terkandung dalam daun pandan dan dapat digunakan untuk menyembuhkan luka pada kulit akibat luka bakar. 

Bahkan kandungan zat ini juga bisa menghaluskan kulit sehingga membuatnya lebih sehat usai kulit terbakar.

Kini, Anda tak boleh lagi menyia-nyiakan daun pandan bahkan bisa memulai menanamnya di pekarangan rumah karena memiliki khasiat yang melimpah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News