Bugar

Inilah 5 Jenis Masker Wajah untuk Perawatan Kulit yang Perlu Dicoba!

Inilah 5 Jenis Masker Wajah untuk Perawatan Kulit yang Perlu Dicoba!

MOMSMONEY.ID - Masker wajah adalah salah satu cara merawat kulit wajah agar tetap sehat dan cantik. Semakin berkembangnya teknologi, masker wajah semakin banyak pilihan jenisnya. Pilihlah jenis masker wajah yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

Agar tidak keliru, berikut beberapa jenis masker wajah yang bisa Anda coba dikutip dari realfood.co.id, yaitu: 

1. Wash Off Mask

Jenis pertama masker wajah adalah wash off mask. Jenis masker wajah ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit terutama kulit kombinasi dan kering. Wash off mask sendiri bisa jadi jenis masker wajah yang cukup aman untuk pemilik kulit sensitif karena penggunaannya tidak terlalu lama dan harus dibilas. Selain itu, wash off mask juga banyak mengandung butiran scrub untuk membantu mengangkat sel kulit mati. 

2. Peel Off Mask

Selanjutnya, jenis masker peel off mask memiliki tekstur yang sangat unik berbentuk gel yang akan mengering dan dikelupas untuk mengangkatnya. Peel off mask sendiri adalah salah satu jenis masker wajah yang ampuh mengatasi kulit kusam karena membantu mengangkat sel kulit mati.

Namun, jenis masker wajah ini ternyata lebih banyak kekurangannya daripada manfaatnya karena di beberapa jenis kulit terutama kulit kering dan sensitif, peel off mask justru dapat menyebabkan skin barrier melemah. Oleh karena itu, hindari terlalu sering menggunakan peel off mask.   

Baca Juga: 4 Cara Ampuh Menjaga Skin Barrier Tetap Sehat, Cobain Yuk!

3. Sleeping Mask

Saat menggunakan sleeping mask, Anda tidak perlu membilas masker dan bisa digunakan waktu yang sangat lama yaitu saat tertidur. Sleeping mask biasanya berbentuk gel-cream atau cream yang meresap cepat dan melembapkan kulit sepanjang malam.

Sleeping mask hanya akan membantu melembapkan kulit saja karena tidak terlalu banyak pilihan sleeping mask dengan bahan aktif karena ditakutkan dapat menyebabkan iritasi. Namun, sleeping mask ini sangat cocok digunakan untuk skin barrier yang bermasalah. 

4. Model Mask

Jika Anda pernah melihat masker bubuk yang dicampur dengan air menjadi bubur lalu dioleskan ke wajah hingga jadi seperti plastik, maka masker ini disebut model mask. Masker ini mengandung alga yang membuat masker menjadi keras.

Beberapa merek model mask akan memberikan serum sebelum menggunakan model mask karena model mask membantu menyerapan dan mencegah penguapan dari kulit. Lalu, Anda juga bisa menambahkan serum favorit sebelum menggunakan model mask. 

5. Sheet Mask

Jenis masker wajah lainnya adalah sheet mask. Sheet mask berbentuk serat alami yang tersatuasi dengan serum. Jenis masker ini cukup populer digunakan oleh banyak wanita. Cara menggunakan sheet mask dengan meletakkan tissue masker ke atas wajah yang bersih atau setelah menggunakan toner/ essence.

Fungsi utama dari sheet mask adalah untuk memberikan kelembapan yang intensif untuk kulit dan masker ini membiarkan kulit beristirahat dalam keadaan lembap selama 10 - 15 menit. Menarik dicoba, kan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News