Bugar

4 Cara Ampuh Menjaga Skin Barrier Tetap Sehat, Cobain Yuk!

4 Cara Ampuh Menjaga Skin Barrier Tetap Sehat, Cobain Yuk!

MOMSMONEY.ID - Skin barrier cukup menjadi pembahasan penting banyak wanita. Skin barrier sendiri adalah lapisan terluar kulit yang berfokus untuk melindugi kulit dan tubuh. Nah, jika skin barrier Anda mengalami kerusakan maka kondisi kulit bisa menjadi buruk.

Kulit pun akan mengalami berbagai masalah. Oleh karena itu, pentingnya untuk menjaga skin barrier Anda tetap terjaga sehat. Lebih jelasnya, berikut beberapa cara ampuh menjaga skin barrier dilansir dari cnfstore.com, yaitu: 

1. Rutin Merawat Kulit 

Pertama, Anda perlu konsisten dalam merawat kulit wajah. Jangan sampai melewatkan perawatan kulit sehari saja. Anda bisa mulai dari menggunakan produk skincare yang sesuai jenis kulit atau rencanakan perawatan kulit bersama dermatologis. Pentingnya memahami kandungan skincare yang dibutuhkan kulit secara spesifik. 

Skincare bisa untuk mengurangi berbagai masalah kulit, seperti kemerahan, jerawat, kerutan, kulit kering dan lain-lain. Bagi orang lain, skincare mungkin dapat membantu meratakan warna kulit dan mengendalikan jerawat. Sehingga, pilihlah skincare routine yang efektif, sederhana, lembut, dan tentu murah di dompet.

2. Gunakan Pembersih Kulit yang Lembut

Cara ampuh menjaga skin barrier selanjutnya adalah gunakan pembersih kulit yang lembut. Membersihkan kulit penting dilakukan untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran, debu, dan polusi dari kulit. Hal ini karena faktor lingkungan seperti polusi dapat memperburuk kulit apalagi terpapar setiap hari

Anda bisa menerapkan teknik double cleansing untuk hasil wajah lebih bersih dan pori-pori bebas kotoran. Oleh karena itu, gunakan face cleanser yang lembut serta efektif melindungi ceramide dan minyak alami untuk menjaga skin barrier Anda. 

Baca Juga: Ketahui 4 Makanan yang Bisa Jadi Solusi untuk Kulit Kering, Apa Itu?

3. Gunakan Pelembab dan Serum

Kemudian, dilanjutkan dengan menggunakan pelembab dan serum. Gunakan produk serum yang mengandung bahan-bahan efektif, termasuk ceramide, hyaluronic acid, glycerin, dan petrolatum untuk menjaga kesehatan fungsi penghalang kulit. Bahan-bahan tersebut juga berfungsi menyeimbangkan penggunaan acid dan/atau retinol.

Selanjutnya, gunakan pelembap terbaik dengan kombinasi emolien dan humektan. Peran humektan menarik dan mengikat air, serta meningkatkan kadar air pada kulit.

Kandungan glycerin dan hyaluronic acid bisa menjadi humektan paling terkenal dalam moisturizer. Sementara humektan yang lainnya termasuk AHA (glycolic acid dan lactic acid), panthenol, sorbitol, dan lainnya.

Bahan pelembap berikutnya yang jadi kombinasi terbaik untuk penghalang kulit yang sehat adalah emolien. Bahan ini melembutkan kulit dan mencakup kandungan yang cukup kita kenal. Mulai dari dimethicone, jojoba oil, cocoa, shea butter, mineral oil, dan petroleum jelly.

4. Terapkan Pola Hidup Sehat

Cara ampuh menjaga skin barrier lainnya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Mulai dari pola makan, pilihlah makanan dan minuman yang sehat seperti banyak sayuran dan buahan. Hindari mengonsumsi junk food, makanan dan minuman tinggi gula setiap hari.

Selain makanan, Anda juga perlu berolahraga agar tubuh dan jiwa sehat. Menerapkan pola hidup sehat bisa berpengaruh dengan kondisi kulit. Kemudian, pemakaian produk skincare pun bisa bekerja lebih maksimal juga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News