Bugar

Inilah 4 Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan Ibu Hamil

Inilah 4 Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan Ibu Hamil

MOMSMONEY.ID - Terdapat beberapa manfaat dari mengonsumsi minyak ikan bagi kesehatan ibu hamil. Salah satunya adalah mengurangi risiko kelahiran secara prematur.

Mengonsumsi minyak ikan dengan tingkat merkuri yang rendah saat hamil akan sangat membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Dilansir dari Pregnant Education, terdapat beberapa manfaat dari mengonsumsi minyak ikan bagi kesehatan ibu hamil, antara lain: 

Baca Juga: Ingin Punya Anak Cewek? Coba Rutin Konsumsi 5 Makanan Ini Selama Kehamilan

Bermanfaat untuk perkembangan awal janin

Omega-3 sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan awal bayi. Oleh sebab itu, penting untuk mendapatkan asupan omega-3 yang cukup selama kehamilan dan saat menyusui.

Nah, mengonsumsi suplemen minyak ikan selama periode ini  dapat meningkatkan perkembangan otak janin. 

Pembentukan otak dan sistem saraf janin

Manfaat dari mengonsumsi minyak ikan bagi kesehatan ibu hamil yang kedua bisa membantu pembentukan otak dan sistem saraf janin. 

Mengutip Bare Biology, mengonsumsi minyak ikan selama trimester pertama kehamilan sangat penting, karena otak dan sistem saraf adalah salah satu hal pertama yang berkembang.

Anda harus tetap mengonsumsi minyak ikan atau Omega-3 selama kehamilan dan setelahnya. Karena tubuh akan memprioritaskan DHA untuk perkembangan otak dan mata bayi.

Meningkatkan berat badan lahir 

Salah satu manfaat konsumsi suplemen minyak ikan bagi ibu hamil adalah diduga dapat meningkatkan berat badan lahir bayi. 

Studi tersebut menunjukkan bahwa memberikan suplemen omega-3 pada wanita hamil selama trimester ketiga, dikaitkan dengan peningkatan berat lahir yang lebih tinggi. 

Baca Juga: Kehamilan Trimester Pertama Rentan Keguguran, Ini Cara Mencegahnya!

Menjaga keseimbangan hormon

Mengutip American Pregnancy Association, asupan minyak ikan untuk ibu hamil sangat penting untuk menjaga keseimbangan produksi zat seperti hormon yang disebut prostaglandin.

Prostaglandin membantu mengatur banyak fungsi fisiologis penting termasuk tekanan darah, pembekuan darah, transmisi saraf, respons inflamasi dan alergi, fungsi ginjal dan saluran pencernaan, serta produksi hormon lain.

Itulah penjelasan mengenai beberapa manfaat minyak ikan bagi kesehatan ibu hamil. Mulai dari mengurangi risiko kelahiran prematur, hingga meningkatkan berat badan lahir.

Memenuhi segala nutrisi selama kehamilan tentunya merupakan salah satu hal wajib bagi ibu. Selain asupan omega-3 pastikan juga untuk memenuhi asupan nutrisi lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News