Bugar

Kehamilan Trimester Pertama Rentan Keguguran, Ini Cara Mencegahnya!

Kehamilan Trimester Pertama Rentan Keguguran, Ini Cara Mencegahnya!

MOMSMONEY.ID - Dalam banyak kasus, keguguran tidak dapat dicegah. Meski begitu, ibu masih bisa menghindar dari hal yang menyebabkan keguguran.  

Ada berbagai faktor yang menjadi penyebab keguguran, yang mana membuatnya jadi tidak bisa dihindari.  

Meskipun tidak ada cara pasti untuk mencegah keguguran, ibu dapat mengambil langkah-langkah untuk mendapatkan kehamilan yang lebih sehat.  

Hal ini bisa menurunkan risiko keguguran, sehingga meminimalisir kemungkinan penyebab kelahiran prematur.  

Baca Juga: Hati-Hati, Inilah Beberapa Bahaya Daging Olahan yang Perlu Anda Ketahui

Karena sulit dihindari, dilansir dari Pregnant Education, berikut ini adalah beberapa cara mencegah keguguran pada trimester pertama, antara lain:   

Berolahraga secara teratur

Cara mencegah keguguran pada trimester pertama adalah dengan berolahraga secara teratur. Ibu hamil harus tetap beraktivitas, tentunya dengan penyesuaian tertentu.  

Salah satu yang sebaiknya tidak ditinggalkan jika memang kondisi kehamilan dinyatakan baik adalah tetap berolahraga secara teratur.  

Makan gizi lengkap seimbang

Cara mencegah keguguran pada trimester pertama yang kedua adalah makan makanan bergixi lengkap dan seimbang.   

Kebutuhan kalori seorang ibu hamil akan meningkat menjadi lebih banyak daripada wanita pada umumnya, bisa sekitar 400-500 ekstra dalam sehari.  

Memenuhi kebutuhan kalori dari berbagai varian sumber nutrisi penting bagi ibu hamil. Makanlah dengan gizi lengkap seimbang mencakup karbohidrat, protein, lemak, dan juga serat setiap harinya.  

Jaga berat badan ideal

Cara mencegah keguguran pada trimester pertama yang ketiga adalah menjaga berat badan ideal.   

Berat badan berlebih ataupun berat badan kurang selama kehamilan dapat menjadi faktor risiko komplikasi selama kehamilan, termasuk keguguran.  

Untuk itu, jagalah berat badan ideal yang sesuai dengan target kenaikan berat badan per bulan selama hamil.  

Baca Juga: Waspada! Sering Menyimpan Ponsel di Saku Bisa Menurunkan Kesuburan Pria

Mengelola kondisi kronis

Cara mencegah keguguran pada trimester pertama yang selanjutnya adalah mengelola kondisi kronis.   

Jika ibu memiliki masalah kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, atau penyakit autoimun, konsultasikan dengan dokter untuk menangani atau mengelolanya dengan benar.  

Konsumsi asam folat

Cara mencegah keguguran pada trimester pertama yang terakhir adalah konsumsi asam folat. Oleh karena itu, mulailah mengonsumsi vitamin B ini setiap hari saat masih dalam program hamil. 

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi 400 mikrogram asam folat setiap hari dapat mengurangi risiko cacat lahir yang umumnya menjadi penyebab keguguran. 

Ibu bisa melanjutkan meminumnya selama kehamilan untuk mendapatkan manfaat maksimal. Itulah beberapa cara mencegah keguguran pada trimester pertama. 

Jika ini adalah kehamilan pertama, jangan ragu untuk bertanya terus pada dokter atau mencari informasi tepercaya mengenai kondisi kehamilan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News