HOME, Bugar

Inilah 4 Manfaat Apel untuk Perawatan Rambut, Sudah Tahu?

Inilah 4 Manfaat Apel untuk Perawatan Rambut, Sudah Tahu?

MOMSMONEY.ID - Apel sering dimanfaatkan sebagai menu makanan program diet. Ada banyak sekali manfaat baik yang diberikan apel untuk tubuh seperti merawat kesehatan kulit dan rambut.

Kandungan vitamin A, B, dan C pada apel berperan untuk menjaga dan merawat rambut. Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat apel untuk perawatan rambut dikutip dari clearhaircare.com, yaitu: 

Rambur lurus

1. Merawat Kulit Kepala Kering

Pertama, manfaat apel untuk rambut yaitu merawat kulit kepala kering. Dehidrasi dan suhu yang dingin merupakan salah satu penyebab kulit kepala kering. 

Ketika tubuh kekurangan cairan serta udara dingin mengakibatkan gagalnya produksi minyak alami pada kulit kepala, sehingga membuatnya kering dan berujung pada munculnya ketombe. 

Selain produk sampo berbahan apel, Anda juga bisa mencegah kulit kepala kering dengan cuka apel. Cuka apel dipercaya mengandung enzim yang ampuh menyegel kutikula rambut, juga kaya antioksidan sebagai penjaga kelembapan hingga protein dan lemak pada rambut sehingga dapat mempertahankan kilau alami rambut.

2. Mengatasi Kerontokan

Manfaat apel untuk rambut selanjutnya adalah mengatasi kerontokan. Kerontokan pada dasarnya bisa terjadi saat akar dan batang rambut mulai rapuh karena tidak terawat atau salah pilih produk perawatan rambut. 

Anda bisa mengonsumsi apel secara langsung sebagai perawatan intensif rambut rontok. Apel yang belum dikupas, dipercaya mengandung procyanidin B-2 dan Biotin guna menyegel protein pemicu pertumbuhan rambut sampai menguatkan akar rambut.

Perawatan rambut dengan apel bisa Anda terapkan lewat cuka apel, jus apel murni dan kulitnya yang dapat dibalurkan langsung ke rambut baru dibilas dengan air bersih.

Baca Juga: Pahami 5 Penyebab Kulit Wajah Kusam dan Gelap

3. Menghilangkan Masalah Ketombe

Apel juga bermanfaat untuk menghilangkan masalah ketombe.  Anda bisa merawat rambut secara alami dengan creambath pakai kulit apel. Tingkat keasamannya, membuat apel memiliki kadar PH yang dikenal sangat mendekati dengan PH kulit kepala.

Oleh karena itu, apel juga dapat digunakan sebagai penjaga kesehatan rambut dari serangan bakteri ataupun jamur penyebab ketombe.

Caranya cukup mudah hanya balurkan kulit apel yang sudah dihaluskan kepada rambut, pijat lembut, diamkan, dan bilas hingga bersih. Selain mencegah munculnya ketombe, cara ini juga dapat diaplikasikan untuk keluhan rambut lepek. 

4. Merawat Rambut Kering

Manfaat apel untuk rambut lainnya adalah bisa merawat rambut kering. Masalah rambut kering biasanya disebabkan oleh pemakaina hair styling dengan suhu yang terlalu panas, serta bahan kimia dari cat rambut. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan apel untuk mengatasi masalah ini. 

Pilihlah produk perawatan rambut yang mengandung bahan apel. Kemudian, Anda juga bisa aplikasikan masker apel yang ditambahkan dengan kuning telur segar.

Mulai balurkan larutan apel dan kuning telur mulai dari pertengahan batang rambut hingga ujung luar lalu jepit rambut ke atas kemudian bungkus dengan shower cap. Biarkan kurang lebih 15 menit terus bilas dengan air dingin sampai bersih. 

Di samping rambut lembap, setiap perempuan juga menginginkan rambut sehat berkilau. Anda juga bisa menggunakan bahan apel dengan minyak zaitun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News