HOME, Santai

Ini Waktu yang Tepat untuk Menimbang Berat Badan

Ini Waktu yang Tepat untuk Menimbang Berat Badan

MOMSMONEY.ID - Jika Anda sedang dalam masa diet atau sedang ingin menjaga kondisi berat badan tubuh, maka mengetahui berat badan merupakan hal wajib.

Untuk mengetahui berat badan Anda berkurang atau bertambah, maka cara yang paling tepat adalah dengan konsistensi menimbang. 

Mengetahui waktu yang tepat untuk menimbang berat badan merupakan hal yang perlu Anda ketahui. Karena jika tidak, maka Anda tidak akan mendapatkan hasil timbangan yang akurat. 

Maka dari itu, ketahuilah waktu yang tepat kapan sebaiknya Anda menimbang berat badan Anda. Berikut ini adalah hal yang harus Anda perhatikan sebelum menimbang berat badan Anda, ya.

Baca Juga: Bikin Kenyang! Ini Dia Makanan Rendah Kalori Tapi Bikin Awet Kenyang

Lakukan saat pagi

Menimbang berat badan sebaiknya dilakukan saat pagi hari, di waktu yang sama dan saat kondisi pencernaan masih kosong. Tepat setelah Anda buang air besar dan buang air kecil. Jangan konsumsi makanan apa pun sebelum Anda menimbang berat badan.

Gunakan bahan pakaian yang tipis

Menimbang berat badan ada baiknya dilakukan dengan menggunakan bahan pakaian yang tipis. Sehingga tidak akan menambah berat pada timbangan dan menghasilkan hasil lebih akurat. Sebisa mungkin jangan gunakan bahan tebal dan gunakan sedikit bahan pakaian. 

Seminggu sekali saja

Melansir dari halaman Health Line, tidak ada alasan untuk menimbang berat badan setiap hari. Karena tubuh akan mengalami fluktuasi cairan dan air setiap hari yang mengakibatkan perubahan pada berat badan tubuh. Menimbang berat badan setiap hari tidak akan menghasilkan berat badan yang akurat.

Baca Juga: Sebelum Diet Vegan, Kenali Manfaatnya Terlebih Dahulu

Perhatikan makanan Anda

Mengonsumsi makanan yang mengandung sodium tinggi akan membuat tubuh menyimpan banyak kandungan air.

Garam yang terkandung dalam makanan tinggi sodium akan berubah menjadi air dan tentu saja akan menambah berat badan Anda.

Jangan menimbang saat menstruasi

Jika Anda wanita, ada baiknya untuk tidak menimbang berat badan seminggu sebelum dan sesudah Anda menstruasi. Air dalam tubuh wanita akan bertambah saat menstruasi karena hormone menstruasi.

Hentikan saat stres

Melihat berat badan yang tetap, namun sudah melakukan banyak diet, tentu akan membuat Anda stres. Hentikan kegiatan menimbang berat badan Anda saat hal ini terjadi.

Jika Anda memiliki masalah pada kebiasaan makan, maka timbangan bukanlah hal yang wajib Anda miliki dirumah.

Berkonsultasi dengan ahli gizi adalah cara yang lebih tepat untuk Anda lakukan. Jika memungkinkan, gunakan timbangan BMI untuk mengetahui lebih detil tentang kondisi lemak tubuh dan massa otot Anda.

Selanjutnya: Tak Pernah Ketinggalan Zaman, Milikilah Pakaian Ini di Lemari Baju Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News