Santai

Ini Strategi Kenangan Brands Jadi Perusahaan F&B Berkelanjutan di 2023

Ini Strategi Kenangan Brands Jadi Perusahaan F&B Berkelanjutan di 2023

MOMSMONEY.ID - Kenangan Brands yang sebelumnya dikenal sebagai Kopi Kenangan menargetkan untuk menjadi perusahaan yang berkelanjutan serta profitable di tahun 2030. Perusahaan yang sudah berdiri sejak 2017 ini pun mengenalkan Kenangan Sustainability Journey 2030, yakni strategi Kenangan Brands untuk mencapai target-target berkelanjutan perusahaan.

"Kenangan Sustainability Journey adalah perjalanan kita untuk menunjukkan komitmen kita pada sustainability," tutur Group CEO of Kenangan Brands Edward Tirtanata.

Edward menjelaskan, untuk menjadi sebuah perusahaan yang berkelanjutan, maka harus dimulai dengan profitabilitas. Meski begitu, dibutuhkan pula strategi yang holistik untuk memastikan bisnis dapat berkembang ke ranah yang berkelanjutan. Untuk mencapai tersebut, Kenangan Brands pun sudah menerapkan eco-friendly operations dengan fokus utama untuk mencapai Zero Waste to Landfill.

Pada tahun 2030, diharapkan Kenangan Brands dapat berhasil mencegah sampah operasional masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA), dengan cara mengurangi sampah dan bekerja sama dengan mitra terpercaya untuk mendaur ulang sampah-sampah tersebut. Kenangan Brands juga akan mendonasikan makanan-makanan hasil produksi yang layak konsumsi kepada orang-orang yang membutuhkan.

Baca Juga: Bisa Ditonton Acak, 6 Drakor Ini Sajikan Cerita Berbeda Tiap Episodenya

Adapun, terdapat 4 pilar yang menjadi fokus Kenangan Brands dalam Kenangan Sustainability Journey ini. 4 pilar tersebut yakni Happy People, Protect Our Planet, Great Coffee, serta Strong Communities.

Pada pilar happy people, Edward menyebut pihaknya ingin memberikan kebahagiaan kepada semua orang, baik karyawan maupun pelanggan. "kami ingin memberikan perhatian yang besar kepada pelanggan dan karyawan kami," ujar Edward,

Untuk mencapai hal tersebut, Kenangan Brands menargetkan di 2030 akan ada 0 insiden besar melalui berbagai SOP dan pelatihan yang mumpuni. Kenangan Brands juga menargetkan memiliki 50% karyawan wanita dan pria yang setara, baik di level manajemen maupun level operasional. Menurut Edward saat ini pun karyawan di Kenangan Brand sudah sangat beragam. Tidak hanya itu ditargetkan pula 90% sudah mendapatkan pemeriksaan kesehatan yang rutin dan efktivitas program learning & development sebesar 80%.

Di pilar protect our planet, Kenangan Brands bertujuan untuk melindungi lingkungan dengan menjaga dan mengatur efisiensi penggunaan energi dan emisi dan mencegah seluruh sampah operasional berakhir di TPA. Target yang ditetapkan untuk pilar ini mulai dari mengurangi 15% penggunaan energi, mengurangi 10% penggunaan air, mengurangi sampah plastik 50% di 2030. Saat ini Kenangan Brands telah melakukan kalkulasi awal untuk penggunaan energi dan emisi CO2, air, serta sisa ampas kopi pada tahun 2022.

Pilar ketiga yakni great coffee yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan inovasi produk sehingga dapat menjaga profitabilitas perusahaan. Di 2030 perusahaan ini menargetkan  menjaga sertifikasi keamanan pangan seperti HACCP dan Halal, mendapatkan Sertifikasi Usaha Pariwisata (SUP) di seluruh gerai,  meneruskan inovasi dan pengembangan produk, tidak ada pelanggaran data serta bisa melakukan ekspansi ke 5 negara di Asia Tenggara.

Sementara itu, pilar keempat yakni strong communities, dimana Kenangan Brands juga ingin berkontribusi bagi para komunitas sekitar. Berbagai upaya yang ingin dilakukan yakni memberikan berbagai bantuan infrastruktur maupun bantuan akademis/keterampilan, mengalokasikan anggaran procurement untuk membangun infrastruktur yang diperlukan supplier-supplier lokal Indonesia, serta berperan aktif dalam memberikan bantuan sosial dan lainnya.

Edward berharap dengan tagline-nya yakni infusing purpose into every drop we brew mengingatkan mereka bahwa setiap kopi yang mereka sajikan kepada konsumen memiliki arti dan tujuan yang lebih dari minuman. "Kami ingin memberikan tujuan pada setiap kopi yang kami produksi," katanya.

Bukan hanya dari sisi perusahaan, Kenangan Brands pun mengajak konsumen untuk berperan dalam menjaga bumi. Untuk mewujudkan target kontribusi publik tersebut, ada berbagai program CSR yang dilakukan oleh Kenangan Brands. program tersebut mulai dari Kenangan Berdaya, Kenangan Sirkular, Kenangan PinTer (pintar dan terampil) juga Bersama Kenangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News