HOME, Keluarga

Ini Rekomendasi 6 Tanaman yang Cocok untuk Tabulampot

Ini Rekomendasi 6 Tanaman yang Cocok untuk Tabulampot

MOMSMONEY.ID - Menanam kini tak lagi memerlukan lahan tanah yang luas. Anda dapat menanam dengan sistem tabulampot, yakni metode budidaya tanaman yang dilakukan dalam pot. Di Indonesia, metode tabulampot ini sudah ada sejak tahun 1970-an.

Metode ini terus berkembang baik dari sisi teknologi maupun jumlah jenis tanaman yang bisa dijadikan tabulampot.

Dilansir dari disperkimta.bulelengkab.go.id, hampir semua jenis tanaman buah bisa tumbuh dalam bentuk tabulampot.

Namun, tidak semua bisa menghasilkan buah dengan baik. Oleh karena itu, pemilihan bibit tanaman merupakan hal yang sangat menentukan tingkat keberhasilan tabulampot.

Baca Juga: Ingin Mulai Menanam? Yuk! Kenali Metode Bercocok Tanam Hidroponik

Terdapat dua jenis bibit tanaman, yaitu bibit hasil perbanyakan generatif (dari biji) dan bibit hasil perbanyakan vegetatif (cangkok, okulasi, dan penyambungan). Berikut beberapa jenis tanaman berbuah yang bisa Anda tanam untuk tabulampot:

Jeruk

Hampir semua jenis jeruk dapat ditanam di dalam pot. Jenis jeruk yang bisa ditanam adalah siam, keprok, limau, nipis, dan lemon. Bahan yang digunakan adalah bibit jeruk, media tanam, pot dengan ukuran 35-50 cm tinggi 60 cm, pupuk, dan pestisida bila diperlukan. Umumnya, tanaman jeruk dalam pot dapat berbuah setelah 1-2 tahun.  

Stroberi dan Bluberi

Stroberi dan bluberi dapat ditanam dari benih yang diperoleh dengan cara generatif atau vegetatif. Bahan yang digunakan untuk menanam adalah media tanam (bisa pasir kombinasi kompos), pupuk tambahan, dan pot ukuran sedang atau besar.

Umumnya, setelah tanaman berusia 2 bulan akan mulai berbunga. Bunga itulah yang nantinya akan tumbuh menjadi bunga. Buah siap panen biasanya berumur 4 bulan. Jika tanaman stroberi dan bluberi Anda sehat, ini akan terus berbuah selama 2 tahun tanpa henti.

Srikaya

Tanaman srikaya merupakan tanaman yang dapat beradaptasi dengan segala jenis kondisi tanah dan iklim. Buah srikaya juga dapat muncul sepanjang tahun loh, Moms. Untuk hasil panen yang cepat, Anda bisa memilih bibit yang sudah mulai berbunga.

Pemindahan bibit srikaya membutuhkan pot berdiameter 40. Media tanamnya berupa campuran tanah, sekam, dan humus. Selain itu, pupuk juga penting untuk kesuburan tanaman srikaya. Umumnya, buah srikaya dapat dipanen saat umur 60-70 hari setelah bunga mekar.

Baca Juga: Ini Keuntungan Bercocok Tanam dengan Tabulampot

Mangga

Jika ingin menanam buah mangga, Anda perlu memperhatikan kondisi musim di wilayah Anda. Dilansir gdm.id, musim yang cocok untuk tanaman mangga adalah sekitar 2-8 bulan musim kering dalam satu tahun. Pohon ini akan berbunga di usia 1,5-2 bulan pada awal musim kemarai dan matang pada 3-4 bulan kemudian.

Penyemaian bibit mangga dapat dilakukan dari benih buah mangga baik berupa biji ataupun cangkok. Ukuran pot yang dibutuhkan setidaknya berdiameter 60 cm dengan tinggi 30 cm. Media tanam yang digunakan biasanya menggunakan tanah berpasir atau tanah liat.

Apel

Jenis apel yang dapat ditanam dalam pot, yakni apel manalagi, apel rome beauty, dan apel ana. Bibit yang digunakan bisa berasal dari biji apel atau bibit stek indukan.

Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah pot berdiameter kurang lebih 40 cm, tanah gembur, dan aram sekam. Jika umur pohon apel sudah berumur 4-5 bulan setelah penanaman tunas, buah biasanya sudah berbuah dan siap dipanen.

Tomat

Jenis tomat ada berbagai macam, seperti tomat sayur, tomat buah, tomat cherry, dan sebagainya. Menanam tomat dapat dimulai dari biji. Pot yang dibutuhkan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Sementara media tanam dapat menggunakan kombinasi tanah, arang sekam, dan kompos dengan perbandingan 2:1:1.

Setelah penyemaian biji tomat selesai, Anda perlu memindahkannya ke pot yang lebih besar. Masa panen tomat tergolong cepat bila Anda benar dalam merawatnya, yakni pada umur 100 hari tomat sudah bisa dipanen.

Selanjutnya: Langkah-Langkah Menanam Tomat di Dalam Pot

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News