Santai

Ini Prakiraan Cuaca Hujan Lebat di Sebagian Wilayah Kalimantan hingga Akhir Tahun

Ini Prakiraan Cuaca Hujan Lebat di Sebagian Wilayah Kalimantan hingga Akhir Tahun

MOMSMONEY.ID - Prakiraan cuaca BMKG di wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Utara berada di level potensi siaga dan memiliki potensi hujan lebat.

Peringatan dari BMKG ini berlaku untuk 21-23 Desember 2022. Level ini berdasarkan prakiraan berbasis dampak BMKG. 

Sepanjang 25 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023, BMKG memprakirakan, bakal turun hujan sedang hingga hujan lebat di Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. 

Prakiraan cuaca BMKG lainnya yang perlu diwaspadai di wilayah Kalimantan adalah potensi gelombang tinggi.

Ada potensi gelombang tinggi 4-6 meter sepanjang 23-27 Desember 2022 di Selat Makassar. Lalu, potensi gelombang tinggi 2,5-4 meter di Selat Makassar bagian utara. 

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Hari Ini, Cuaca Ekstrem Hujan Lebat di Sulawesi dan Maluku

Prakiraan cuaca BMKG di wilayah Kalimantan ini berdasarkan analisa cuaca terbaru.

Selama 21 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023, BMKG menjelaskan, terlihat aktivitas Monsun Asia yang dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan secara signifikan di wilayah Indonesia bagian barat, tengah, dan selatan. 

Serta, ada intensifikasi seruakan dingin Asia yang bisa meningkatkan kecepatan angin permukaan di wilayah Indonsia bagian barat dan selatan. Ini juga dapat meningkatkan potensi awan hujan di sekitar Kalimantan, Sumatra, Jawa, Bali, hingga Nusa Tenggara. 

Kemudian, ada indikasi pembentukan pusat tekanan rendah di sekitar wilayah perairan selatan Indonesia yang bisa memicu peningkatan pertumbuhan awan konvektif yang cukup masif.

Hal tersebut berpotensi menyebabkan hujan dengan intensitas tinggi, pengingkatan kecepatan angin permukaan, serta peningkatan gelombang tinggi di sekitarnya. 

Baca Juga: Bisa Dicoba, Ini 5 Bahan Alami untuk Mengobati Penyakit Kurap yang Mengganggu

Terakhir, terpantau beberapa aktivitas gelombang atmosfer, yaitu fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) yang terbentuk bersamaan dengan gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial.

Kondisi tersebut berkontribusi signifikan terhadap peningkatan curah hujan di beberapa wilayah Indonesia terutama di bagian tengah dan timur. 

Demikian informasi prakiraan cuaca ekstrem di Kalimantan yang perlu Moms waspadai. Stay safe!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News