HOME, Bugar

Ini Makanan yang Aman Dikonsumsi Penderita Vertigo

Ini Makanan yang Aman Dikonsumsi Penderita Vertigo

MOMSMONEY.ID - Vertigo merupakan sensasi pusing kepala berputar yang dapat memengaruhi keseimbangan tubuh.

Vertigo dapat disebabkan karena penurunan tekanan darah, dehidrasi, gangguan telinga, perubahan posisi secara tiba-tiba, konsumsi makanan atau minuman tertentu, dan gangguan pada sistem saraf pusat.

Dirangkum dari Mayo Clinic dan WebMD, ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi penderita vertigo, antara lain:

Baca Juga: Waspada! Inilah Gejala Sakit Liver yang Perlu Diketahui

1. Kuning telur

Makanan yang aman dikonsumsi penderita vertigo pertama adalah konsumsi kuning telur. Kekurangan asupan vitamin D dapat menyebabkan vertigo.

Kuning telur adalah salah satu jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi, guna mencukupi asupan vitamin D. Asupan vitamin D yang cukup dapat mengurangi gejala pusing berputar yang dirasakan penderita vertigo. 

2. Bayam

Makanan yang aman dikonsumsi penderita vertigo kedua adalah bayam. Sayuran seperti bayam yang juga mengandung Vitamin B6 juga baik untuk dikonsumsi sebagai makanan untuk mengobati penyakit vertigo.

Penderita penyakit vertigo memang memang membutuhkan banyak asupan Vitamin B6 yang dapat memberi tambahan nutrisi cukup baik. Masaklah bayam dengan benar, tipsnya.

Baca Juga: 14 Gejala Vertigo yang Kerap Terjadi Namun Jarang Disadari

3. Jahe

Makanan yang aman dikonsumsi penderita vertigo ketiga adalah jahe. Untuk meredakan vertigo, Anda dapat mengonsumsi teh jahe atau makanan yang mengandung jahe.

Jahe sejak lama diyakini mampu membantu meredakan berbagai macam penyakit, salah satunya meringankan pusing akibat vertigo.

4. Tuna

Makanan yang aman dikonsumsi penderita vertigo keempat adalah tuna. Tak hanya sebagai sumber protein, tuna juga mengandung vitamin B6 yang baik untuk penderita vertigo karena mampu meringankan gejala penyakit ini.

Selain tuna, makanan sumber vitamin B6 lainnya yang dapat dikonsumsi untuk meringankan vertigo adalah kiwi, susu, salmon, telur, daging sapi tanpa lemak, bayam, wortel, dan ubi jalar.

Untuk mengatasi atau meringankan vertigo, Anda juga disarankan untuk minum air putih yang cukup. Selain itu, Anda perlu menghindari berbagai pemicu vertigo, seperti stres, kurang tidur, dan konsumsi minuman berkafein atau beralkohol.

Beberapa jenis makanan di atas aman dikonsumsi penderita vertigo untuk mengurangi keluhan yang muncul.

Apabila rasa pusing tak kunjung membaik, sebaiknya konsultasikan ke dokter agar dapat diberikan penanganan sesuai penyebab yang mendasari munculnya vertigo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News