HOME, Bugar

Waspada! Inilah Gejala Sakit Liver yang Perlu Diketahui

Waspada! Inilah Gejala Sakit Liver yang Perlu Diketahui

MOMSMONEY.ID - Penyakit liver terjadi saat organ liver atau hati mengalami gangguan dan tidak berfungsi secara semestinya.

Penyakit ini ditandai dengan beragam gejala, tetapi gejala liver biasanya baru muncul setelah hati mengalami kerusakan atau penurunan fungsi yang drastis, dilansir dari Mayo Clinic.

Beberapa orang bisa tidak merasakan gejala apa pun pada awal terjadinya penyakit. Gejala yang terjadi juga bisa begitu ringan hingga tidak disangka sebagai gejala liver.

Baca Juga: 14 Gejala Vertigo yang Kerap Terjadi Namun Jarang Disadari

Dirangkum dari Cancer Care dan Health Focus, berikut ini adalah gejala liver yang patut Anda waspadai dan periksakan ke dokter:

1. Perut membengkak

Gejala liver yang pertama adalah perut yang membengkak akibat adanya cairan yang menumpuk di rongga perut. Kondisi yang disebut asites ini biasanya dialami oleh penderita sirosis.

Namun jika penyakit bertambah parah, gejala liver yang satu ini dapat menyebabkan perut penderitanya sangat bengkak, hingga ia menjadi sesak napas.

2. Nyeri perut bagian atas

Nyeri perut bagian atas merupakan gejala yang paling sering dialami oleh pasien sakit liver karena letak organ hati yang berada di sekitar area tersebut.

3. Kulit dan mata menguning

Salah satu gejala liver yang umum terjadi adalah kulit dan mata yang menguning. Kondisi yang dikenal sebagai penyakit kuning ini terjadi saat liver mengalami gangguan. 

Hal ini mengakibatkan liver tidak bisa memproses bilirubin sebagaimana semestinya. Kondisi ini membuat bilirubin menumpuk di dalam darah, sehingga membuat kulit dan mata menjadi kuning.

Baca Juga: 5 Manfaat Kopi Sekaligus Risikonya Bagi Kesehatan

4. Kelelahan

Kelelahan merupakan gejala umum yang sering dialami oleh pasien sakit liver, terutama penyakit hepatitis, baik akibat dari virus maupun konsumsi berlebihan.

Namun, rasa lelah yang dialami tidak bisa menjadi pertanda tingkat keparahan dari penyakit hati.

5. Kulit gatal

Penyakit liver dapat ditandai dengan munculnya kulit gatal, baik itu pada satu bagian tubuh maupun seluruh tubuh. Kondisi ini bisa dipicu oleh beragam hal.

Salah satunya adalah karena penumpukan garam empedu di bawah kulit. Gatal yang terjadi bisa membuat Anda tidak bisa tidur ataupun menahan diri untuk tidak menggaruknya.

6. Ambeien atau wasir

Gejala penyakit liver lainnya yang perlu Anda waspadai yaitu wasir (ambeien). Pasalnya, pasien sirosis hatiberisiko mengalami wasir.

Hal ini dapat terjadi karena sirosis hati menyebabkan pembengkakan pada pembuluh darah di dalam rektum atau varises. 

Pembuluh darah yang membengkak ini dapat terjadi tanpa sembelit dan bisa memicu perdarahan, serta komplikasi lainnya.

Segera temui dokter jika Anda mengalami gejala liver, apalagi jika Anda termasuk berisiko tinggi terkena penyakit liver, misalnya memiliki riwayat hepatitis B, kecanduan alkohol, menderita diabetes tipe 2, atau obesitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News