Ini lo Warna yang Bisa Bikin Anda Relax dan Baik buat Kesehatan Mental di Rumah

Reporter: Benedicta Prima
Jumat, 20 Januari 2023 | 11:02 WIB
Ini lo Warna yang Bisa Bikin Anda Relax dan Baik buat Kesehatan Mental di Rumah

ILUSTRASI. Warna yang baik untuk kesehatan mental Anda.


MOMSMONEY.ID - Lewat terapi warna atau chromotherapy, ada beberapa warna dapat membantu kesehatan mental Anda. Meski belum terbukti, biasanya banyak yang memilih warna rumah dengan kelir yang membuat pemiliknya merasa nyaman. 

Psikologi warna menyebutkan, ada beberapa warna memiliki efek meningkatkan suasana hati yang baik. Terapis Warna Lee Chambers mengatakan, warna bisa memengaruhi fisiologis seperti meningkatkan detak jantung dan kadar hormon. 

"Warna bisa membuat perasaan yang berbeda bagaimana Anda merasakan ketenangan dan kenyamanan," ungkap Lee. 

Apa saja warna yang membuat bahagia? Atau, apa yang sebaiknya dihindari berdasarkan terapi warna? Lalu, warna apa yang cocok untuk terapi dan bisa bikin relax serta baik untuk kesehatan mental?

Baca Juga: Apakah Boleh Memotong Rambut Sebelum Imlek?

Dalam terapi warna, mempelajari gelombang cahaya warna untuk menentukan energi sebuah warna dan dampaknya pada mental dan kesehatan fisik.

Biru, misalnya, membuat perasaan tenang, sering digunakan di tempat SPA dan rumah sakit. Merah meningkatkan detak jantung, biasanya untuk tempat makan. 

Warna yang bisa meningkatkan kesehatan mental rumah  

Menurut Letrice Eisemen, International Color Specialist and Director of the Eisman Center for Color Information, mendekorasi rumah membuat kreativitas seseorang muncul.

Mendekorasi rumah juga membuat Anda bisa menyediakan lingkungan khusus yang membantu Anda berkembang. 

"Penting di rumah ada warna yang membantu mengekspresikan suasana hati kita, terutama yang membuat kita merasa terhibur dan semangat," kata Letrice. 

ruang tamu kuning

1. Kuning gelap dan oranye

Kuning gelap dan oranye memberikan kesan pada hari-hari musim panas yang membuat Anda semangat. Warna ini cocok Anda gunakan di rumah pada bulan-bulan dingin seperti Desember-Januari. 

Kuning adalah warna yang membuat Anda bisa bahagia dan meningkatkan suasana hati yang baik bagi diri Anda. Sebab, warna kuning kerap diasosiasikan dengan hangatnya matahari. 

Anda bisa mendekorasinya dengan ungu untuk menciptakan energi dan imajinasi. Padukan juga dengan hijau untuk perasaan segara, berkembang dan harmoni. Sementara memadukan dengan oranye akan memberi perasaan hangat dan antusias untuk terus berkarya. 

Ruang tamu pink gelap dan merah

2. Merah dan pink kusam

Berdasarkan aturan umum, warna cerah dan lebih hidup adalah warna yang sangat baik untuk meningkatkan suasana hati, teruteama pada sisi warna yang lebih hangat. Misalnya saja, pink gelap, kuning, oranye, dan merah-ungu. 

Ruangan bernuansa merah bisa membuat pusing dan cemas namun mendekorasi dengan merah secara hati-hati hanya jadi aksen atau di beberapa lapisan aja, atau pilih yang shade gelap akan memberi energi. Pilih pink kusam adalah cara yang bagus melakukan ini. 

Ruang hijau kusam

3. Biru dan hijau

Warna yang cocok untuk kesehatan mental terakhir adalah warna hijau dan biru. Kedua warna ini melambangkan porsi warna bumi yang sekaligus membuat Anda merasa segar dan dapat mengurangi stres. 

Lalu warna apa yang tidak baik untuk kesehatan mental Anda dan menguras energi? 

Sejatinya, tak ada aturan baku mengenai warna apa yang harus Anda hindari jika tak mau terkuras energinya. Justru, Anda sebaiknya menghindari warna yang memang membuat kalian merasa tak nyaman. 

Baca Juga: Kemenag Usul Biaya Haji 2023 Naik, Ini Alasan dan Komponennya

Biasanya warna gelap seperti hitam dan biru gelap banyak membuat orang merasa tak nyaman. Tapi, justru ada beberapa orang yang menganggap warna ini menenangkan.

Jadi, itu semua  tergantung bagaimana reaksi tiap orang, lebih baik memilih warna favorit dibanding mengikuti aturan ketat soal warna jika ingin mendekorasi ulang cat rumah. 

Demikian informasi warna yang bisa bikin Anda relax dan baik untuk kesehatan mental Anda berdasarkan terapi warna. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta

Terbaru
TERPOPULER