Santai

Apakah Boleh Memotong Rambut Sebelum Imlek?

Apakah Boleh Memotong Rambut Sebelum Imlek?

MOMSMONEY.ID - Tahun Baru Imlek akan dirayakan sebentar lagi, tepatnya pada 22 Januari 2023. Perayaan Imlek banyak diikuti dengan kepercayaan-kepercayaan yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Lantas, apakah boleh memotong rambut sebelum Imlek? 

Melansir China Highlights, setidaknya ada 6 hal yang tidak boleh Anda lakukan saat hari H perayaan Imlek. Salah satunya adalah keramas atau potong rambut. Jadi pada perayaan tahun baru Imlek yang jatuh pada 22 Januari 2023, keramas dan potong rambut adalah hal yang tabu dilakukan. 

Dalam kepercayaan China, tentu ada alasan kenapa suatu hal dianggap tabu untuk dilakukan. Termasuk memotong rambut pada saat perayaan Imlek. Melansir CNN, alasannya dalam huruf kanji China, karakter pertama rambut sama dengan karakter pertama tulisan kemakmuran. 

Baca Juga: Promo Jenius Flexi Rasa Maxi, Nabung Hingga 31 Januari Bisa Dapat Toyota Alphard

Apalagi perayaan Imlek merupakan simbol melupakan hal yang terjadi di masa lalu dan menyambut kesempatan baru, perubahan baru dan harapan baru di tahun yang baru. 

Sehingga dipercaya jika Anda keramas atau potong rambbut saat Imlek sama saja mencuci bersih keberuntungan dan mengurangi kemakmuran selama satu tahun mendatang. Salah satu solusinya Anda bisa menggunakan shampoo kering atau bedak tabur untuk membantu rambut tak terlihat lepek. 

Lalu apakah boleh memotong rambut sebelum Imlek? Saat ini cukup populer orang-orang potong rambut sebelum menyambut Imlek. Orang-orang ini percaya, memiliki tampilan baru sebelum Imlek menjadi simbol membawa kekayaan baru saat tahun baru. 

Selain tidak boleh memotong rambut saat Imlek, ada beberapa hal lain yang tidak boleh Anda lakukan di hari H perayaan Imlek. Apa saja itu? 

  • Memakan bubur dan daging untuk sarapan: dipercaya hanya orang miskin yang memakan bubur, dan orang-orang tak ingin memulai tahun bari dengan cara yang miskin. Tidak boleh memakan daging lantaran menghormati kepercayaan penganut Buddha. 
  • Mengatakan kata-kata buruk: kata-kata negatif seperti mati, miskin, dan hantu. Pasalnya kata-kata ini dianggap bisa memberikan aura negatif selama perayaan.
  • Menyapu rumah: tindakan ini dipercaya bisa menyapu bersih kekayaan yang akan datang.
  • Mencuci baju: biasanya orang-orang tidak mencuci baju di dua hari pertama perayaan Imlek. Ini sebagai bentuk menghormati perayaan hari lahir dewa air. 
  • Menjahit: tidak boleh menjahit lantaran dianggap bisa menyulitkan kehidupan selama satu tahun ini, seperti halnya menjahit yang dianggap butuh ketelitian tinggi dan kerja keras tinggi. 

Baca Juga: Perayaan Tahun Baru Imlek 2023, Bagaimana Prediksi Tahun Kelinci?

Demikian informasi mengenai apakah boleh memotong rambut sebelum Imlek? Ada baiknya Anda memotong rambut jauh hari sebelum perayaan Imlek. Sebab saat hari H Imlek Anda tak boleh memotong rambut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News