Keluarga

Ini Lo Cara Menata Panci dan Wajan di Dapur Kecil

Ini Lo Cara Menata Panci dan Wajan di Dapur Kecil

MOMSMONEY.ID -  Memiliki dapur kecil membuat Anda kesulitan menemukan tempat yang tepat untuk menata dan menyimpan panci dan wajan. Nah ini solusinya!

Menata peralatan memasak yang besar di dapur kecil menjadi tantangan tersendiri. Jika salah menata, dapur jadi terlihat berantakan. Lebih buruknya peralatan memasak jadi lebih mudah rusak. 

Namun tenang saja, ikuti pedoman cara menata panci dan wajan di bawah ini. Dijamin peralatan memasak jadi aman dan dapur jadi lebih rapi!

Baca Juga: Apakah Menyimpan Bunga Kering Membawa Sial? Yuk Cek Faktanya!

1. Hanya simpan panci yang sering Anda gunakan

Saat menata dapur kecil Anda tentu memprioritaskan ruang yang cukup untuk menyimpan semua peralatan dan untuk Anda bergerak saat memasakn. Nah melansir Homes and Gardens, salah satu cara menata panci dan wajan adalah mengeliminasi panci yang jarang Anda gunakan dan simpan yang Anda gunakan sehari-hari. 

Cara ini membuat Anda memiliki ruang ekstra yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan peralatan lain yang lebih dibutuhkan. 

2. Tumpuk panci di dalam kabinet dengan pelindung diantaranya

Cara paling umum menata panci dan wajan adalah menumpuk panci di kabinet Anda. Namun cara ini kerap menyebabkan goresan ada panci Anda dari waktu ke waktu. 

Solusinya gunakan pelindung penutup diantara masing-masing panci. Anda busa menggunakan bahan yang lembut dan sesuai dengan ukuran panci sebagai pelindungnya. 

3. Simpan tutup panci di bagian belakang pintu kabinet

Menyimpan penutup panci bisa menjadi hal yang merepotkan karena mudah jatuh dan bergeser. Tutup panci tidak dapat disimpan bersamaan dengan panci jika Anda menyimpannya dengan cara ditumpuk. 

Sehingga cara menata tutup panci yang tepat adalah simpan di pintu kabinet. Anda bisa menggunakan penahan tutup panci yang ditempel pada pintu kabinet. 

4. Tambahkan rak gantung di dapur

Sesuai dengan desain dapur dan ketersediaan ruang, menggunakan rak gantung untuk menyimpan panci bisa menjadi solusi yang tepat.  Anda bisa menggunakan rak gantung yang ditempel di dinding atau dilangit-langit. 

Baca Juga: Ikuti Tren Kamar Tidur di Tahun 2023 Ini Yuk!

5. Tambahkan rak tarik di sudut kabinet

Bagian sudut kabinet sering jadi ruang yang terbuang sia-sia karena lokasinya yang sulit dijangkau. Namun jika Anda menambahkan rak tarik di sudut kabinet, ini bisa menjadi solusi bagi Anda untuk menyimpan panci dan wajan untuk memasak. Menggunakan rak tarik ini juga membuat Anda mudah menjangkau peralatan memasak ini. 

6. Simpan panci dan wajan di oven Anda
Mungkin Anda belum pernah terpikirkan sebelumnya. Jika Anda hanya memiliki ruang yang sedikit, gunakan oven untuk menyimpan panci dan wajan Anda saat tidak menggunakan oven. Namun pastikan keluarkan semua peralatan memasak saat Anda akan menggunakan oven. 

Demikian 6 cara menata panci dan wajan di dapur kecil. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News