Keluarga

Ini Lo Bahan Makanan yang Mungkin Sudah Anda Simpan Terlalu Lama

Ini Lo Bahan Makanan yang Mungkin Sudah Anda Simpan Terlalu Lama

MOMSMONEY.ID -  Saat membereskan dapur, salah satu hal terberat adalah memutuskan bahan makanan apa saja yang perlu dibuang. Permudah tugas Anda dengan mengetahui bahan makanan apa saja yang sudah terlalu lama Anda simpan dan perlu dibuang. 

Ada beberapa bahan makanan yang memang tidak memiliki tanggal kadaluarsa. Meski tak memiliki tanggal kadaluarasa, makanan tersebut memiliki masa yang tidak ideal untuk dikonsumsi. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Serial Politik Penuh Konspirasi di Netflix

Maka penting bagi Anda untuk mengetahui bahan makanan yang sudah tidak layak konsumsi meski tidak ada tanggal kadaluarsanya. Melansir Reader’s Digest, ini bahan makanan yang tidak memiliki tanggal kadaluarsa namun mungkin udah Anda simpan terlalu lama dan perlu dibuang;

Soda kue
Beberapa bahan masakan bubuk hanya tahan 1-2 bulan di dapur Anda. Baking powder atau soda kue akan kehilangan kekuatan ragi seiring waktu dan menyebabkan kue Anda tidak mengembang. 
Anda bisa menguji kekuatan ragi dengan mencampurkan soda kue dengan cuka dan baking powder dengan air panas. Jika berbusa dan menggelembung maka bahannya masih cukup segar untuk digunakan. 

Biji-bijian dan kacang-kacangan
Anda mungkin senang menyimpan almond atau kacang tanah karena bisa disantap beberapa minggu bahkan bulan kemudian. Namun sebaiknya jangan terlalu lama menyimpan biji-bijian dan kacang-kacangan. 

Biji-bijian dan kacang-kacangan memiliki banyak kandungan minyak. Nah, kandungan minyak ini bisa tengik setelah Anda simpan selama beberapa bulan. 

Tanda biji-bijian dan kacang-kacangan Anda sudah tengik adalah berbau seperti rumput atau cat. Kemudian tampilan jadi lebih gelap dan berminyak. 

Sereal
Sereal adalah makanan yang sangat sederhana cara penyajiannya sehingga jadi salah satu makanan populer untuk sarapan. Namun setelah tiga bulan terbuka, sereal akan banyak terkena udara dan mudah tengik. Apalagi sereal yang menganding kacang atau minyak. 

Baca Juga: Simak Cara Membuat Toner Kombucha dengan Benar di Rumah

Teh Celup
Teh celup harus dikonsumsi dalam waktu satu tahun karena minyak dalam teh akan menjadi tua dan memberikan rasa yang tidak enak pada secangkir teh pagi Anda. 

Hal yang sama berlaku untuk biji dan ampas kopi Anda. Sebaiknya Anda mengonsumsi biji atau bubuk hanya dalam 2-4 minggu. Kopi instan bisa bertahan lebih lama yaitu hingga 2 bulan. 

Gula merah
Bungkusan gula merah yang terbuka cenderung mengering dan mengeras karena terpapar udara setelah 4 bulan di dapur Anda. Selipkan gula merah ke dalam kantong plastik yang bisa ditutup kembali atau wadah kedap udara supaya tetap lembut dan tahan lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News