HOME, Santai

Ini Kelebihan Jaringan 5G di iPhone 13 Ketimbang Beberapa HP Android 5G

Ini Kelebihan Jaringan 5G di iPhone 13 Ketimbang Beberapa HP Android 5G

MOMSMONEY.ID - Jaringan 5G secara umum tersedia dalam 3 frekuensi, yaitu low band, middle band, dan high band. Singkatnya, low band adalah jaringan 5G yang berfrekuensi di bawah 1 Ghz, middle band pada 1 Ghz-6 Ghz, dan high band pada frekuensi di atas Ghz. Di Indonesia, operator seluler yang menyediakan jaringan 5G menempati frekuensi 2,3 Ghz pada rentang 2360 - 2390 MHz.

Karena jaringan 5G terbagi pada beberapa frekuensi dan rentang, hal itu menyebabkan tidak semua HP 5G dapat bekerja pada semua jaringan 5G. Dengan kata lain, Anda tidak bisa menggunakan jaringan 5G di suatu daerah yang memiliki sinyal jaringan 5G 2,4Ghz apabila smartphone hanya mendukung jaringan 5G 2,3Ghz.

iOS 15

Baca Juga: Canggih! Ini Kemampuan iPhone 13 dalam Merekam Video

Kelebihan Jaringan 5G pada iPhone 13

Fitur penangkap jaringan 5G yang dimiliki oleh iPhone 13 diklaim lebih baik ketimbang beberapa HP lain. Hal itu karena iPhone 13 menyediakan jaringan dan rentang frekuensi yang lebih banyak. Dengan begitu, nantinya iPhone 13 akan kompatibel dengan banyak SIM Card 5G dan banyak daerah tercakup 5G yang berbeda-beda rentang frekuensinya.

Jaringan 5G iPhone 13 akan kompatibel dengan 200 operator lebih yang tersebar di 60 negara dan wilayah.

Tidak hanya dari sisi hardware, iPhone 13 juga memiliki keistimewaan jaringan 5G dari sisi software. Sistem operasi terbaru yang digunakan, yaitu iOS 15, mampu melayani kecepatan internet yang dinilai 400 kali lebih cepat ketimbang jaringan 4G LTE ini. Ketika iPhone 13 tidak digunakan untuk beraktivitas yang membutuhkan internet cepat, iOS 15 akan mengubah penggunaan ke jaringan 4G LTE.

Baca Juga: Ini Dia 10 HP 5G Paling Murah yang Bisa Anda Beli di Indonesia

Kelebihan iPhone 13 Ketika Menggunakan Mode 5G

iPhone 13 menggunakan A15 Bionic dengan GPU 5-core yang diklaim menjadi prosesor tercepat saat ini. Dengan dukungan jaringan 5G, maka iPhone dapat melakukan banyak aktivitas dengan cepat dan bahkan multitasking. Anda bisa menonton video sambil melakukan panggilan video Facetime atau bermain game dengan lancar.

Karena dapat menjalankan internet lebih cepat dan dapat membuka banyak aplikasi dan fitur dalam sekali waktu tanpa hambatan, daya yang digunakan juga akan lebih banyak. Untuk itu iPhone 13 memiliki mode Smart Data yang bisa mengalihkan sinyal dari jaringan 5G ke 4G ketika Anda tidak butuh internet cepat. 

Selanjutnya: Apakah Untung Dibeli? Ini Kelebihan iPhone 13

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News