HOME, Keluarga

Ini Jenis-Jenis Tanaman Bunga yang Berbau Wangi Saat Malam Hari

Ini Jenis-Jenis Tanaman Bunga yang Berbau Wangi Saat Malam Hari

MOMSMONEY.ID - Jika Anda memiliki cukup lahan untuk menanam, Anda tentu ingin menanam tanaman yang menawarkan keindahan, tetapi keindahan tidak cukup.

Anda mungkin menyukai tanaman yang memberikan aroma wangi saat malam hari. Ini unik, sekaligus memberikan nuansa yang berbeda untuk waktu beristirahat Anda pada malam hari.

Ada banyak tanaman berbunga yang memiliki aroma wangi saat malam hari. Dilansir dari The Spruce, berikut beberapa rekomendasinya.

Baca Juga: Ini Jenis-Jenis Tanaman Hias yang Aman dan Baik untuk Para Penderita Asma

Kacapiring (Gardenia)

Bunga Kacapiring

Tanaman kacapiring atau yang bernama ilmiah Gardenia jasminoides merupakan tanaman tropis dari famili Rubiaceae. Tanaman ini memiliki bunga putih tunggal atau ganda yang beraroma wangi yang kuat, terutama saat malam hari.

Kacapiring dapat dibudidayakan di dalam pot dan dapat diletakkan baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Melati

Bunga Melati

Melati (Jasminum) merupakan salah satu bunga yang populer di Indonesia dan disebut sebagai Puspa Bangsa. Bunga tanaman ini memiliki bau yang sangat harum, bahkan saat malam hari.

Di Indonesia, melati sering dimanfaatkan untuk berbagai hal. Misalnya, sebagai hiasan pengantin, obat herbal, hingga dicampur dalam seduhan teh.

Kendati demikian, melati memiliki banyak jenis seperti melati bintang, melati jepang, melati putih, melati gambir, dan melati raja.

Kamboja

Bunga Kamboja

Kamboja atau juga disebut plumeria merupakan bunga subtropic dan tropis yang terkait dengan oleander.

Tanaman ini memiliki bunga berwarna putih dengan semburat warna menguning atau merah muda ke pusat tengahnya. Bunga ini berbau harum lembut pada siang hari dan akan meningkat saat malam hari.

Baca Juga: 5 Jenis Tanaman Hias Gantung untuk Dipelihara di Rumah

Lily Casablanca

Bunga Lily Casablanca

Lily Casablanca biasanya akan mekar pada bulan Agustus dan September. Bunganya berwarna putih besar dan memiliki aroma manis saat malam hari. Tanaman ini sangat cantik bila dirawat di dalam pot. Bunganya akan tumbuh dengan lebat bila dirawat dengan baik.

Heliotropium

Heliotropium

Tanaman heliotropium berasal dari Peru. Ini merupakan tanmaan musim panas tahunan yang menghasilkan bunga dengan warna-warna beragam bergantung jenisnya, seperti ungu, biru, ungu, dan putih. Bunga-bunga tanaman ini memiliki aroma eksotis yang mengingatkan Anda dengan aroma vanilla.

Brugmansia (Terompet Malaikat)

Bunga Brugmansia

Tanaman bunga brugmansia atau terompet malaikat memiliki bentuk bunga yang menghadap terbalik ke bawah, sehingga seperti terompet.

Bunganya memiliki beberapa macam warna seperti kuning, putih, atau merah muda. Selain itu, bunga brugmansia memiliki aroma yang bisa memenuhi seluruh ruangan.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News