HOME, Keluarga

Ini Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mendekorasi Rumah, Yuk Simak!

Ini Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mendekorasi Rumah, Yuk Simak!

MOMSMONEY.ID - Mendekorasi interior merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan di dalam rumah. Apalagi, di masa pandemi seperti ini, banyak orang yang berlomba-lomba untuk mendekorasi rumah supaya makin nyaman ditinggali.

Memang, mendekorasi rumah sehingga tampil cantik dan estetik memang terasa memuaskan. Namun, supaya kegiatan dekorasi Anda berjalan lancar dengan hasil yang sepadan, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Dilansir dari My Move dan House Beautiful, ini dia hal-hal yang perlu Anda pahami dan perhatikan ketika mendekorasi rumah untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga: Ingin Membuat Kolam Ikan di Rumah? Perhatikan Dulu Hal-Hal Ini

Rencanakan tampilan ruangan yang akan didekorasi

Sebelum mulai mendekorasi rumah, Anda perlu merencanakan seperti apa tampilan ruangan setelah selesai didekorasi. Tidak perlu rencana yang detail, tapi Anda cukup memiliki gambaran umumnya saja.

Memiliki rencana atau gambaran mengenai tampilan akhir ruangan akan sangat membantu Anda saat mendekorasi rumah. Anda akan bisa mendekorasi rumah dengan lebih mudah dan tidak akan ada kebingungan dalam menentukan tampilan ruangan di tengah-tengah proses mendekorasi.

Cari referensi sebanyak-banyaknya

Sebelum dan saat mendekorasi rumah, Anda bisa mencari referensi mengenai dekorasi rumah dengan gaya yang Anda inginkan. Carilah di berbagai tempat, misalnya majalah, buku, situs web, atau Instagram.

Sama dengan poin sebelumnya, Anda dapat mendekorasi rumah dengan lebih mudah jika sudah memiliki beragam referensi. Tidak ada salahnya memiliki referensi sebanyak-banyaknya supaya Anda lebih mudah dalam mengambil inspirasi.

Perhatikan pencahayaan di rumah

Saat mendekorasi rumah, jangan lupakan aspek pencahayaannya. Pasalnya, pencahayaan berperan penting dalam menentukan tampilan akhir interior rumah serta meningkatkan suasana hati penghuni rumah.

Periksa setiap sumber pencahayaan yang ada di ruangan yang akan didekorasi, baik pencahayaan alami maupun buatan. Jika di rumah Anda tidak cukup mendapat pencahayaan alami, tambahkan pencahayaan buatan seperti lampu.

Baca Juga: 6 Cara Memaksimalkan Sinar Matahari Masuk ke Rumah, Mudah dan Bikin Sehat!

Pilih furnitur yang tepat

Karena memakan tempat yang cukup banyak di suatu ruangan, pemilihan furnitur yang tepat sangat penting dalam menentukan tampilan akhir ruangan. Ada beberapa poin yang bisa dipertimbangkan, misalnya ukuran atau material furnitur tersebut.

Selain tampilan, penempatan furnitur juga berpengaruh pada tampilan akhir ruangan. Pastikan furnitur yang Anda tempatkan di ruangan tersebut tidak menghalangi sumber cahaya atau pergerakan Anda.

Perhatikan luas ruangan yang didekorasi

Sedikit berhubungan dengan poin sebelumnya, Anda perlu memperhatikan luas ruangan yang didekorasi. Hal ini penting untuk memastikan ada ruang yang cukup untuk bergerak bebas setelah ruangan tersebut selesai didekorasi.

Jadi, jangan terlalu memenuhi ruangan tersebut dengan furnitur atau dekorasi yang tidak penting. Selain terlihat sesak dan penuh, Anda juga akan kesulitan bergerak dengan nyaman di dalam ruangan tersebut.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat mendekorasi rumah. Dengan perencanaan dan pelaksanaan yang matang, rumah Anda pasti akan tambah menarik.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News