Ingin Membuat Kolam Ikan di Rumah? Perhatikan Dulu Hal-Hal Ini

Reporter: Kania Paramahita
Jumat, 26 November 2021 | 11:43 WIB
Ingin Membuat Kolam Ikan di Rumah? Perhatikan Dulu Hal-Hal Ini

ILUSTRASI. Berikut hal yang perlu diperhatikan saat akan membuat kolam ikan di rumah.

MOMSMONEY.ID - Kolam ikan merupakan salah satu fitur yang cukup umum ditemui di rumah-rumah Indonesia.

Selain menambah estetika, kolam ikan juga dapat memberikan kesan sejuk dan menenangkan penghuni rumah maupun tamu yang berkunjung. Kegiatan merawat kolam juga dapat membantu mengurangi kejenuhan di rumah.

Nah, jika Anda tertarik membuat kolam ikan di rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu. Dilansir dari hgtv.com dan DIY Network, berikut penjelasannya.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Warna Cat yang Bikin Rumah Terlihat Mewah, Yuk Coba!

Tentukan tempat yang tepat

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum membuat kolam ikan adalah menentukan tempat yang tepat untuk kolam tersebut.

Lokasi atau tempat yang ideal untuk kolam ikan sebaiknya memiliki pencahayaan alami yang baik, supaya tanaman dan ikan yang berada di area kolam tersebut terpapar cahaya matahari yang cukup saat pagi dan siang hari.

Sebagai tambahan, Anda bisa mempertimbangkan untuk menempatkan kolam ikan di tempat yang teduh supaya sinar matahari tidak terlalu terik. Namun, hati-hati jika Anda menempatkan kolam ikan di dekat pohon, karena daun atau buah yang berguguran bisa masuk ke kolam dan menyumbat sirkulasi air.

Tentukan ukuran kolam yang sesuai

Selanjutnya, tentukan ukuran kolam ikan yang sesuai dengan selera Anda. Sebaiknya, ukuran kolam tidak terlalu besar atau terlalu kecil bila dibandingkan dengan lahan rumah Anda. Pikirkan juga kedalaman kolam supaya ikan bisa berenang dengan lebih nyaman.

Anda bisa menggunakan tali atau selang air untuk membuat outline dari kolam ikan yang direncanakan, sehingga dapat membantu menentukan ukuran kolam ikan tersebut. Ingat, semakin besar ukuran kolam, semakin besar biaya yang diperlukan.

Tentukan budget atau anggaran sesuai kebutuhan

Sedikit berhubungan dengan poin sebelumnya, Anda perlu menyiapkan budget atau anggaran tertentu supaya kolam ikan Anda bisa terwujud sesuai dengan keinginan.

Selain faktor ukuran dan kedalaman kolam, hal-hal lain yang dapat mempengaruhi budget adalah material atau bahan, jasa pembuatan kolam, kerumitan desain kolam, dan fitur-fitur tambahan seperti air mancur.

Baca Juga: Inspirasi Desain Mushola Minimalis yang Bikin Ibadah Makin Khusyuk

Perhatikan tanaman dan ikan

Namanya juga kolam ikan, rasanya ada sesuatu yang kurang jika Anda tidak menambahkan ikan pada kolam Anda. Selain menambah warna yang menarik pada kolam, merawat ikan di kolam juga dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus menenangkan.

Selain ikan, Anda juga dapat menambahkan tanaman-tanaman tertentu untuk diletakkan di sekeliling atau di atas permukaan air. Keberadaan tanaman dapat membuat kolam ikan Anda terlihat segar dan membantu menaungi ikan dari sinar matahari.

Perhatikan sumber air untuk kolam

Terakhir, Anda perlu memastikan sumber air di rumah cukup untuk menyuplai isi kolam Anda. Jika memungkinkan, tempatkan kolam ikan Anda di dekat sumber air untuk memudahkan pengisian kolam setiap kali dikuras dan dibersihkan.

Itulah hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membuat kolam ikan di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Selanjutnya: Inilah Beberapa Gangguan Kesehatan yang Perlu Perawatan di Ruang ICU

Editor: Kania Paramahita
Terbaru