HOME, Keluarga

Ini Dia Plus dan Minus Penggunaan Furniture Kayu di Rumah, Yuk Pahami

Ini Dia Plus dan Minus Penggunaan Furniture Kayu di Rumah, Yuk Pahami

MOMSMONEY.ID - Kayu merupakan salah satu bahan penyusun furniture yang paling populer di seluruh dunia.

Hampir setiap rumah pasti memiliki furniture yang terbuat dari kayu, entah itu meja, kursi, hingga lemari dan kabinet. Furniture kayu memang memiliki banyak kelebihan, sehingga banyak digunakan untuk interior hunian.

Namun, di balik kepopulerannya tersebut, furniture kayu juga memiliki kekurangannya sendiri. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan furniture kayu, Anda pun dapat mempertimbangkan baik-baik sebelum memutuskan untuk membelinya.

Dilansir dari Woodwear Canada dan Unruh Furniture, berikut poin plus dan minus dari penggunaan furniture kayu di rumah.

Baca Juga: Tips Mendekorasi Rumah dengan Gaya Vintage Supaya Estetik dan Elegan

Kelebihan Furniture Kayu

Kuat dan tahan lama. Salah satu alasan utama banyak orang menyukai furniture kayu adalah sifatnya yang sangat kuat dan tahan lama, bahkan hingga bertahun-tahun. Jika dirawat dengan baik, Anda bisa mewariskan furniture kayu di rumah pada anak Anda, lo!

Berkualitas tinggi. Sedikit berhubungan dengan poin sebelumnya, furniture kayu biasanya memiliki kualitas yang tinggi. Walaupun hal ini menyebabkan harga furniture kayu menjadi cukup mahal, tapi keawetannya membuat Anda tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk membeli furniture baru selama bertahun-tahun.

Perawatan yang mudah. Pada dasarnya, perawatan furniture kayu cukup mudah. Anda hanya perlu sesekali membersihkannya dari debu, serta mengelapnya dengan air tanpa cairan pembersih khusus. Anda hanya perlu memastikan furniture kayu tidak terkena kelembapan berlebih, sinar matahari, atau goresan benda tajam.

Fleksibel. Selain kuat dan tahan lama, furniture kayu banyak disukai karena sangat fleksibel dan dapat digunakan untuk gaya interior apa saja, mulai dari tradisional hingga minimalis. Bahkan, beberapa jenis furniture kayu juga cocok untuk area outdoor.

Baca Juga: Ingin Beli Furnitur Bekas? Ini Kekurangan dan Kelebihannya

Kekurangan furniture kayu

Rentan terhadap air. Beberapa jenis kayu seperti kayu jati memang memiliki ketahanan yang tinggi terhadap air. Namun, pada dasarnya Anda tetap tidak boleh membiarkan furniture kayu terkena air atau kelembapan yang berlebih. Sebab, air dan kelembapan yang meresap ke dalam furniture kayu bisa merusak lapisan pada permukaan kayu dan membuatnya lapuk.

Mudah pudar jika terkena sinar matahari. Selain air dan kelembapan, sinar matahari juga merupakan musuh utama yang dapat mengurangi keindahan furniture kayu. Pasalnya, sinar matahari mengandung sinar UV yang dapat memecah komponen kimia di dalam kayu dan membuat warnanya pudar.

Permukaannya mudah tergores. Kayu merupakan bahan yang sangat mudah tergores, baik oleh kotoran, gesekan, maupun goresan benda tajam. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati saat memperlakukan furniture kayu. Hindari menggeser furniture kayu atau menggunakan benda tajam di atas permukaannya.

Mudah terbakar. Karena merupakan bahan alami, kayu sangat rentan terhadap api sehingga mudah terbakar. Jika tidak sengaja terbakar, bekasnya pun sulit dihilangkan sehingga akan mengurangi tampilan furniture kayu itu sendiri.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan furniture kayu yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News