Santai

Ini Dia 5 Alasan Kenapa Banyak Pasangan Memilih Childfree, Sudah Tahu Belum?

Ini Dia 5 Alasan Kenapa Banyak Pasangan Memilih Childfree, Sudah Tahu Belum?

MOMSMONEY.ID - Berikut sederet alasan mengapa banyak pasangan masa kini cenderung memilih gaya hidup childfree atau tanpa anak.

Keinginan untuk tidak memiliki anak atau yang disebut dengan childfree kini menjadi sebuah tren baru pasangan suami istri.

Keputusan untuk memilih childfree tentu saja diputuskan berdasarkan banyak pertimbangan yang telah disepakati oleh kedua belah pihak.

Namun, sebenarnya, apakah alasan di balik keputusan untuk tidak memiliki anak tersebut?

Simak, yuk, beberapa alasan mengapa seseorang memutuskan untuk tidak memiliki anak atau memilih childfree:

Baca Juga: Childfree, Kenali Apa Itu dan Alasan Banyak Pasangan Mulai Memilihnya

Perkembangan diri terbatasi

Alasan yang umum didengarkan dari keinginan pasangan untuk memilih childfree adalah munculnya batasan-batasan untuk mengembangkan diri dan karir ketika memiliki anak.

Memiliki anak merupakan tanggungjawab besar yang perlu dilakukan dengan fokus tinggi oleh kedua orang tua. Maka, hal tersebut dapat membuat keinginan-keinginan yang mereka ingin lakukan menjadi terbatas.

Akhirnya, banyak pasangan yang memilih untuk childfree.

Kondisi sosial dan lingkungan

Kondisi sosial dan lingkungan masa kini yang semakin keras dan penuh persaingan juga menjadi pertimbangan seseorang memutuskan untuk tidak memiliki anak atau childfree.

Mengutip data dari laman The Huffington Post, beberapa orang memilih untuk tidak memiliki anak karena mereka tidak ingin anak mereka nantinya hidup di dalam lingkungan yang semakin keras, kejam, dan semakin mahal di kemudian hari yang akan memberatkan hidup mereka.

Baca Juga: 6 Website Ini Sediakan Tes Psikologi dan Kepribadian Gratis, Coba yuk

Populasi berlebih

Alasan ilmiah lain yang juga diungkap tentang keputusan tidak memiliki anak adalah karena overpopulation. Setiap harinya, populasi di Bumi semakin bertambah dengan kelahiran-kelahiran bayi baru.

Laman Bustle menyebutkan, para ilmuwan percaya Bumi hanya bisa dihuni maksimal 10 miliar manusia saja. Sedangkan saat ini, jumlah populasi di Bumi sudah hampir mencapai 8 miliar manusia.

Karena hal tersebut, banyak pasangan masa kini yang kemudian memutuskan childfree karena alasan populasi manusia yang semakin banyak.

Tanggung jawab besar

Memutuskan untuk memiliki anak merupakan sebuah tanggungjawab besar yang harus ditanggung orang tua saat memiliki anak. Beberapa pasangan merasa belum siap untuk menanggung tanggungjawab dalam hubungan mereka saat mereka memiliki anak nantinya.

Bukan hanya tanggungjawab untuk menghidupinya saja, namun tanggungjawab lain secara mental juga harus disiapkan orang tua untuk diberikan pada anaknya.

Ingin dekat dengan pasangan saja

Tak semua pasangan menganggap bisa merasa bahagia dan lengkap dengan adanya anak dalam kehidupan mereka. Ada beberapa pasangan yang lebih memilih untuk berbahagia berdua saja dibanding memiliki anak.

Melansir dari laman Today, pasangan yang memutuskan untuk childfree kebanyakan adalah pasangan yang ingin memiliki intimacy atau keintiman dengan pasangan.

Yang tentu saja, bisa dibangun jika keduanya memiliki fokus yang sama yaitu dengan memperkuat hubungan mereka sebagai pasangan.

Itulah tadi sederet alasan mengapa banyak pasangan memilih childfree. Kalau Anda tim childfree atau tidak, nih?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News