HOME, Bugar

Ini Ciri-Ciri Makanan Sehat

Ini Ciri-Ciri Makanan Sehat

MOMSMONEY.ID – Konsep makanan sehat tak lepas dari makanan yang mengandung sayur dan buah. Walhasil, ada banyak makanan dan minuman instan yang mengklaim label sehat karena mengandung sayur dan buah-buahan.

Misalnya, ada jus buah kemasan dalam kotak atau botol dianggap sehat karena mengandung buah-buahan, ada juga mie instan yang dibuat dengan campuran sayur yang dihancurkan dan disajikan hanya dengan bumbu dianggap sehat karena mengandung sayur.

Dokter Siti Shafariah dari Klinik SB Medika mengatakan, itu bukan makanan sehat yang nyata. Nah, biar moms paham soal definisi makanan sehat yang sebenarnya, kita simak yuk ulasan dari Dokter Siti.

1.Makanan yang masih sama dengan aslinya atau hampir sama dengan aslinya. Misalnya, makan buah yang terbaik adalah buah segar yang dicuci bersih, bukan berupa selai, ekstrak atau sirup.

2.Masih mempunyai tekstur, warna dan bentuk asli. Misalnya, makan bayam dengan memakan bayam dalam bentuk asli bukan mie yang terbuat dari bayam.

Baca Juga: Manfaat Sayur dan Buah Berdasarkan Warna

3.Masih mengandung semua nutrisi atau gizi yang terkandung dalam makanan itu. Misalnya, pisang yang baik masih mengandung semua vitamin dan mineral bahkan serat dibandingkan pisang yang dibuat keripik.

4.Tidak ada label daftar komposisi pada makanan tersebut. Pada bentuk asli buah tomat, tidak ada daftar komposisi pada kulit tomat tersebut, tapi bagaimana dengan jus buah kemasan? Pasti ada label komposisinya karena terdapat campuran bahan lain.

5.Tidak menimbulkan kecanduan terhadap suatu makanan atau minuman. Secara alamiah, proses makan adalah pemenuhan kebutuhan bukan pemenuhan nafsu atau kebahagiaan.

Baca Juga: Selain untuk Daya Tahan Tubuh, Ini Manfaat Vitamin C untuk Kulit

6.Tidak akan bertahan lama dalam penyimpanan, apalagi jika disimpan dalam suhu ruang. Misalnya, perlu membandingkan sosis kemasan dengan daging ayam segar yang disimpan di atas meja dalam suhu ruang, yang tidak tahan lama maka itu lebih sehat.

Dokter Siti mengingatkan, penting dalam mengkonsumsi makanan sehat yang lebih segar dalam bentuk asli, karena saat kita mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung pengawet ini apakah benar diperlukan untuk tubuh kita?

Tak ayal, jika suatu hari nanti tumbuh Anda akan protes dengan memunculkan berbagai gangguan metabolisme dan gejala penyakit yang sebenarnya merupakan peringatan bagi Anda untuk menjaga mulut, lidah dan gigi dari merusak diri sendiri dengan makanan tidak sehat.

Selanjutnya: 4 Manfaat buah naga, bisa tingkatkan sistem imun tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News