HOME, Bugar

Selain untuk Daya Tahan Tubuh, Ini Manfaat Vitamin C untuk Kulit

Selain untuk Daya Tahan Tubuh, Ini Manfaat Vitamin C untuk Kulit

MOMSMONEY.ID - Vitamin C menjadi salah satu vitamin yang paling banyak dicari saat pandemi. Vitamin ini sudah terkenal dengan manfaatnya untuk menjaga daya tahan tubuh.

Namun, tahukah kalian kalau vitamin C juga bermanfaat untuk kulit?

Ya, tidak hanya untuk menjaga kesehatan tubuh, vitamin C juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah. Saat ini, sudah banyak produk-produk perawatan kulit atau skincare yang menggunakan vitamin C sebagai bahan utamanya.

Baca Juga: Hobi Berjemur Saat Pandemi? Perhatikan 3 Hal Berikut Ini

Penasaran apa saja manfaat vitamin C untuk kulit? Dikutip dari Insider, vitamin C punya beberapa manfaat untuk kesehatan kulit, di antaranya:

Mencerahkan kulit

Jika kalian punya masalah dengan kulit kusam atau punya bekas jerawat yang menghitam, vitamin C bisa membantu mencerahkan kulit.

Vitamin C bekerja dengan cara menghambat produksi melanin, yaitu pigmen yang memberi warna gelap pada kulit. Karena itu, jika kalian rutin mengaplikasikan vitamin C ke kulit, maka bekas jerawat atau warna kulit yang kusam bisa memudar.

Mengurangi tanda penuaan

Vitamin C juga berperan penting dalam produksi kolagen, yaitu jaringan dalam kulit yang berfungsi untuk menjaga kekenyalan dan kelenturan kulit.

Ketika kita menua, produksi kolagen dalam kulit berkurang sehingga kulit tampak mengendur dan keriput. Nah, di sinilah peran vitamin C dalam memproduksi kolagen untuk membantu memperlambat penuaan kulit.

Baca Juga: Hindari Konsumsi Vitamin C dengan Dosis Berlebih, Ini Dampaknya

Melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari

Kita sering mendengar bahwa sinar matahari mengandung sinar UV yang berdampak buruk untuk kulit. Sifat antioksidan pada vitamin C bisa membantu melawan dampak buruk tersebut dengan cara menetralkan radikal bebas yang dihasilkan sinar matahari.

Namun, perlu diingat bahwa vitamin C tidak bisa digunakan sebagai pengganti sunscreen. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan sunscreen setelah mengaplikasikan vitamin C.

Mengurangi peradangan kulit

Pernah mengalami kulit kemerahan akibat jerawat atau alergi? Itulah yang disebut peradangan kulit.

Vitamin C adalah bahan yang bersifat anti-inflammatory. Artinya, vitamin C bisa membantu mengurangi inflamasi atau peradangan jika diaplikasikan ke kulit.

Jika kalian baru pertama kali menggunakan vitamin C, sebaiknya gunakan dalam dosis atau persentase rendah untuk mencegah iritasi pada kulit.

Nah, itu tadi beberapa manfaat vitamin C untuk kulit. Tertarik untuk mulai mencoba menggunakan skincare berbahan vitamin C? Saat ini, sudah banyak produk skincare dengan kandungan vitamin C. Pilihlah yang cocok dengan kulitmu, ya!

Selanjutnya: Pentingnya Siapkan Dana Darurat untuk Keluarga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News