CLOSE [X]
ads

Ini Alasan Kenapa Hamster Peliharaan Suka Menggigiti Kandangnya. Simak Penjelasannya!

Sumber: Animal Wised,The Spruce Pets
Kamis, 19 Mei 2022 | 10:04 WIB
Ini Alasan Kenapa Hamster Peliharaan Suka Menggigiti Kandangnya. Simak Penjelasannya!

ILUSTRASI. Ini Alasan Kenapa Hamster Peliharaan Suka Menggigiti Kandangnya


MOMSMONEY.ID - Hamster merupakan hewan peliharaan pengerat. Oleh karena itu, menggigit dan mengunyah adalah perilaku alami dan normal bagi hamster. Tak terkecuali jeruji kandangnya.

Jika itu bukan perilaku yang akut, dia mungkin menikmati kebisingan dan latihan giginya. Namun, jika itu dilakukan dengan teratur dari waktu ke waktu, ini dapat menunjukkan bahwa ada masalah pada diri hamster. Dilansir dari The Spruce Pets, berikut ini alasannya.

Mengeroposkan Giginya

Tak seperti manusia, hamster selalu memiliki gigi yang akan terus tumbuh di sepanjang hidupnya. Oleh karena itu, mereka perlu mengunyah sesuatu agar tidak terlalu panjang dan menyebabkan masalah lain. Sebab, makanan yang diberikan tidak cukup memberikan tindakan mengunyah, sehingga mereka mencari barang-barang lain untuk digerogoti.

Baca Juga: Apakah Kucing Mengetahui Nama Mereka? Ini Penjelasannya

Kebosanan

Hamster yang bosan akan melakukan hal lain untuk dimainkan dan dikunyah, jeruji kandang adalah salah satunya yang menarik mereka ketika bosan. Hamster bagaimana pun membutuhkan stimulasi mental dan fisik seperti hewan lainnya, maka sangat penting untuk menyediakan fasilitas bermain di dalam kandangnya untuk mereka beraktivitas.

Stres

Hamster mungkin terus mengunyah jeruji kandang untuk mengurangi stres. Stres pada hamster ini dapat disebabkan oleh berbagai macam penyebab. Misalnya, gangguan dari hewan yang lebih besar lainnya, anak-anak yang mengganggu, kandang terlalu kecil, dan alas tidur yang terbuat dari kayu cedar serta pinus yang dapat mengiritasi paru-paru hamster. Selain itu, kebosanan yang teramat sangat akan membuat mereka stres juga.

Mencari Perhatian

Hamster memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Bahkan saat mereka takut, mereka masih akan mencoba menyelidiki suara itu. Ketika mereka bangun dan melihat Anda mondar mandir melewatinya, mereka mungkin akan mencoba mencari perhatian Anda. Menggigiti kandang, misalnya. Dalam kasus ini, yang terbaik adalah memberi hamster perhatian, tetapi tetap berhati-hati.

Editor: Anggi Miftasha

Terbaru
TOPIK TERPOPULER