HOME, Keluarga

Apakah Kucing Mengetahui Nama Mereka? Ini Penjelasannya

Apakah Kucing Mengetahui Nama Mereka? Ini Penjelasannya

MOMSMONEY.ID - Kucing terkadang bertingkah seperti mereka adalah hewan yang paling cerdas di dunia. Ini adalah hal yang paling sering diperdebatkan oleh banyak orang apakah benar kucing memang hewan yang cerdas. Salah satu yang sering ditanyakan adalah apakah kucing mengenali nama mereka sendiri seperti anjing?

Dilansir dari National Geographic, dalam sebuah studi baru di jurnal Scientific Reports, Atsuko Saito, psikolog di Universitas Sophia Tokyo menunjukkan bahwa mereka tahu nama mereka, bahkan ketika dipanggil oleh orang asing.

Baca Juga: Bingung Menentukan Apakah Kucing Sedang Birahi? Ketahui 7 Tandanya Berikut Ini!

Eksperimen

Eksperimen ini menyelidiki 78 kucing dan mereka dapat membedakan nama mereka dari kata-kata acak lain yang diucapkan kepada mereka. Percobaan pertama, kucing yang hidup sendiri mendengar pemiliknya mengucapkan 4 kata berbeda yang mirip dengan nama mereka sendiri, diikuti dengan nama aslinya.

Eksperimen kedua, melibatkan kucing rumah dengan banyak kucing dan beberapa kucing yang tinggal di kafe. Mereka akan mendengar nama teman kucing yang tinggal bersama dipanggil, sekali lagi diikuti dengan nama asli mereka. Percobaan ketiga, dilakukan dengan sebagian besar kucing dari percobaan dua, tetapi bukannya mendengar nama-nama kucing lain, mereka mendengar empat kata yang terdengar mirip dengan nama mereka sendiri, diikuti oleh kata mereka sendiri (seperti pada percobaan satu).

Terakhir, dalam percobaan empat, beberapa kucing yang digunakan dalam tiga percobaan pertama digunakan, tetapi sebagian besar masih baru. Mulai dari rumah tangga dengan satu kucing hingga multi-kucing, tetapi kali ini, orang asing mengucapkan empat kata diikuti dengan nama kucing.

Hasil Eksperimen

Dilansir dari Petkeen, hasilnya menunjukkan bahwa kucing benar-benar merespons nama mereka sendiri. Saat berada di rumah, mereka awalnya tampak bereaksi terhadap beberapa kata pertama yang terdengar mirip dengan namanya. Namun, mereka akhirnya tampak bosan dan mengabaikan kata-kata ini sampai nama mereka yang sebenarnya dipanggil.

Begitu nama mereka dipanggil, kucing akan bersemangat dan akan menunjukkan tanda-tanda bahwa mereka mendengarkan dan tertarik. Mereka menggerakkan telinga dan kepala mereka, mengeong, dan bahkan bangun menghampiri.

Namun, dalam pendapat lain, yakni Mikel Delgado yang mempelajari perilaku hewan di Universitu of California, mengatakan bahwa kucing tidak benar-benar mengerti bahwa apa yang mereka dengar adalah nama mereka. Dia percaya bahwa kucing mungkin hanya mengira nama mereka adalah kata lain dari perhatian atau makanan. Ini disebut pembelajaran asosiatif yang dapat dilakukan oleh sebagian besar hewan. Oleh karena itu, perilaku kucing ini dalam merespon namanya memerlukan peneliatian lebih lanjut.

Baca Juga: Kucing Keracunan? Segera Lakukan Hal-Hal Ini untuk Menolongnya!

Lalu, kenapa kucing tidak datang saat dipanggil?

Kucing mungkin datang bukan karena namanya, tetapi karena dia memperhatikan pemilik yang memberi mereka isyarat untuk datang. Namun bila akhirnya kucing tidak datang ketika Anda memanggilnya, mungkin mereka sudah ‘sibuk’ dengan hal lain. Bagaimana dan kapan kucing merespons mungkin bergantung pada sifat kucing, motivasi, dan perasaan mereka saat itu. Saat kucing sedang berjemur malas, tidur, atau saat kucing mengejar apa yang menarik baginya adalah saat-saat di mana kucing akan cenderung memiliki melakukan apa yang mereka ingin lakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News