CLOSE [X]
ads

Apakah Kucing Mengetahui Nama Mereka? Ini Penjelasannya

Sumber: Petkeen,National Geographic
Rabu, 18 Mei 2022 | 17:30 WIB
Apakah Kucing Mengetahui Nama Mereka? Ini Penjelasannya


MOMSMONEY.ID - Kucing terkadang bertingkah seperti mereka adalah hewan yang paling cerdas di dunia. Ini adalah hal yang paling sering diperdebatkan oleh banyak orang apakah benar kucing memang hewan yang cerdas. Salah satu yang sering ditanyakan adalah apakah kucing mengenali nama mereka sendiri seperti anjing?

Dilansir dari National Geographic, dalam sebuah studi baru di jurnal Scientific Reports, Atsuko Saito, psikolog di Universitas Sophia Tokyo menunjukkan bahwa mereka tahu nama mereka, bahkan ketika dipanggil oleh orang asing.

Baca Juga: Bingung Menentukan Apakah Kucing Sedang Birahi? Ketahui 7 Tandanya Berikut Ini!

Eksperimen

Eksperimen ini menyelidiki 78 kucing dan mereka dapat membedakan nama mereka dari kata-kata acak lain yang diucapkan kepada mereka. Percobaan pertama, kucing yang hidup sendiri mendengar pemiliknya mengucapkan 4 kata berbeda yang mirip dengan nama mereka sendiri, diikuti dengan nama aslinya.

Eksperimen kedua, melibatkan kucing rumah dengan banyak kucing dan beberapa kucing yang tinggal di kafe. Mereka akan mendengar nama teman kucing yang tinggal bersama dipanggil, sekali lagi diikuti dengan nama asli mereka. Percobaan ketiga, dilakukan dengan sebagian besar kucing dari percobaan dua, tetapi bukannya mendengar nama-nama kucing lain, mereka mendengar empat kata yang terdengar mirip dengan nama mereka sendiri, diikuti oleh kata mereka sendiri (seperti pada percobaan satu).

Terakhir, dalam percobaan empat, beberapa kucing yang digunakan dalam tiga percobaan pertama digunakan, tetapi sebagian besar masih baru. Mulai dari rumah tangga dengan satu kucing hingga multi-kucing, tetapi kali ini, orang asing mengucapkan empat kata diikuti dengan nama kucing.

Hasil Eksperimen

Dilansir dari Petkeen, hasilnya menunjukkan bahwa kucing benar-benar merespons nama mereka sendiri. Saat berada di rumah, mereka awalnya tampak bereaksi terhadap beberapa kata pertama yang terdengar mirip dengan namanya. Namun, mereka akhirnya tampak bosan dan mengabaikan kata-kata ini sampai nama mereka yang sebenarnya dipanggil.

Editor: Anggi Miftasha

Terbaru