HOME, Keluarga

Ini 6 Trik Supaya Kamar Mandi Tidak Mudah Licin

Ini 6 Trik Supaya Kamar Mandi Tidak Mudah Licin

MOMSMONEY.ID - Salah satu masalah utama yang kerap dihadapi pemilik rumah adalah kamar mandi yang licin. Sekilas, tampaknya wajar jika kamar mandi terasa licin karena selalu terkena air. Namun, kamar mandi yang licin dapat membahayakan penghuni rumah.

Jika terpeleset atau tergelincir karena lantai yang licin, Anda atau penghuni rumah lain bisa saja jatuh dan terluka. Hal ini tentu berbahaya, terutama jika Anda tinggal bersama anak-anak kecil atau lansia yang rawan cedera.

Jadi, kamar mandi sebaiknya didesain dan ditata sebaik mungkin supaya tidak mudah terasa licin. Simak caranya di bawah ini, ya!

Bersihkan lantai secara rutin

Dikutip dari laman hvac-buzz.com, salah satu penyebab lantai kamar mandi terasa licin adalah adanya penumpukan sisa sabun dan kotoran di permukaan dan sela-sela ubin. Jadi, bersihkan lantai kamar mandi secara rutin supaya sisa sabun dan kotoran tidak mudah menumpuk, sehingga lantai tidak cepat licin.

Baca Juga: 3 Tips Mudah Menjaga Warna Cat Dinding Supaya Awet

Gunakan keramik dan keset anti-selip

Salah satu cara termudah untuk meminimalisir risiko tergelincir di kamar mandi adalah dengan memasang keramik lantai dengan permukaan yang kasar. Selain itu, menggunakan keset kaki yang anti-selip dan tidak mudah bergeser juga dapat membantu  mengeringkan kaki tanpa takut terpeleset.

Pisahkan area basah dan kering

Di kamar mandi modern, pemisahan area basah (bathtub atau shower) dengan area kering (wastafel dan kloset) biasa dilakukan dengan membedakan ketinggian lantai atau menambahkan dinding kaca.

Dengan pemisahan ini, air dari bathtub maupun shower tidak akan mudah terciprat ke area lainnya, sehingga tidak membuat seluruh lantai kamar mandi basah kuyup.

Baca Juga: Ingin Kamar Mandi Terlihat Lebih Mewah? Coba Gunakan Benda-Benda Ini!

Pasang pegangan

Mengutip Houzz India, bergerak di dalam kamar mandi yang basah akan terasa lebih mudah jika berpegangan pada sesuatu. Jadi, Anda bisa menambahkan pegangan atau grab bar pada area-area tertentu di kamar mandi, seperti sepanjang dinding atau di dekat kloset.

Pastikan drainase lancar

Lantai kamar mandi yang dibanjiri air tentu tidak nyaman dan meningkatkan risiko tergelincir karena licin. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan pembuangan air atau drainase di dalam kamar mandi lancar.

Selain lantai kamar mandi yang dibuat sedikit turun, pastikan lubang pembuangan tidak mudah tersumbat.

Baca Juga: Promo Belanja di ACE Hardware Juni 2022, Dapatkan Cashback Sampai Rp 1 Juta

Optimalkan pencahayaan

Terkadang, penghuni rumah tidak sengaja tergelincir di kamar mandi karena tidak melihat lantai yang basah dan licin. Untuk meminimalisir risiko tersebut, ada baiknya Anda mengoptimalkan pencahayaan di dalam kamar mandi, baik melalui pencahayaan alami maupun buatan. Penghuni rumah pun bisa melihat sekeliling kamar mandi dengan lebih nyaman.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan supaya kamar mandi tidak mudah licin. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News