HOME, Keluarga

3 Tips Mudah Menjaga Warna Cat Dinding Supaya Awet

3 Tips Mudah Menjaga Warna Cat Dinding Supaya Awet

MOMSMONEY.ID - Sebagian besar warna yang ada di rumah umumnya datang dari warna cat dinding.

Memang, sebagai salah satu komponen yang paling mencolok pada suatu rumah, tak heran bila warna dinding dijadikan patokan untuk menilai tampilan rumah tersebut.

Oleh karena itu, warna cat dinding pastinya perlu dirawat dan dijaga dengan baik supaya selalu terlihat cantik dalam jangka waktu panjang.

Pada dasarnya, merawat dinding rumah cukup sederhana dan tidak membutuhkan ketelitian yang tinggi. Asal dilakukan secara rutin, warna dan tampilan dinding rumah pun akan terjaga kecantikannya.

Apa saja yang perlu dilakukan untuk menjaga warna cat dinding? Berikut tipsnya.

Baca Juga: 5 Trik Simpel Membuat Rumah Tampak Selalu Apik

Bersihkan dinding secara rutin

Mengutip laman Militello Painting, cara termudah untuk merawat cat pada dinding adalah dengan membersihkan dinding secara rutin.

Tergantung jenis cat yang digunakan pada dinding, Anda bisa menyingkirkan debu di permukaan dinding dengan kain bersih atau kemoceng, atau bahkan mengelap dinding dengan kain basah. Selain itu, jika dinding terkena noda, pastikan segera dibersihkan sebelum meninggalkan bekas.

Dengan membersihkan dinding secara rutin, kotoran tidak akan mudah mengumpul pada dinding dan membantu menjaga tampilan dinding tersebut.

Hindarkan dari kelembapan

Tanpa disadari, kelembapan dapat menyebabkan cat dinding mudah terkelupas, sehingga membuat warna dinding tidak merata.

Oleh karena itu, pastikan permukaan dinding kering dengan sempurna sebelum mulai mengecat dinding tersebut.

Ketika selesai dicat dan kering, kelembapan udara yang terlalu tinggi tetap dapat merusak tampilan dinding karena dapat menimbulkan jamur dan lumut. Jadi, pastikan kadar kelembapan udara di rumah Anda terjaga.

Baca Juga: Mengapa Warna Netral Cocok untuk Rumah Minimalis? Ini Alasannya

Hindarkan dari sinar matahari langsung

Dilansir dari Berger Paints, warna cat pada dinding pada dasarnya mudah pudar, apalagi jika terpapar sinar matahari terus-menerus. Oleh karena itu, warna dinding di dekat jendela kerap memudar lebih cepat.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa memilih cat dinding dengan kualitas yang baik sehingga tidak mudah pudar. Alternatifnya, gunakan penutup jendela (kerai atau tirai) yang dapat memblokir cahaya di siang hari untuk meminimalisir risiko warna cat dinding yang pudar di dekat jendela.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga warna cat dinding supaya awet. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News